HENDY SAPUTRA, NIM. 112014220 (2019) PENGARUH ASPHALT HOT MIX DENGAN CAMPURAN ABU SAWIT SEBAGAI FILLER UNTUK MENDAPATKAN KADAR ASPHALT OPTIMUM PADA PENGUJIAN MARSHALL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
112014220_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
112014220_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penggunaan Abu Sawit dalam capuran aspal, Lapis beton aspal (laston) suatu lapisan permukaan pada kontruksi pekerasan lentur. Beton aspal dapat berfungsi sebagai lapisan struktural dan lapisan non-strukutural. Beton aspal yang berfungsi sebagai lapisan struktural adalah lapisan yang menahan dan menyebarkan beban roda. Sebagai lapisan non-struktural beton aspal berfungsi sebagai lapisan kedap air dan lapisan aus, atau lapisan yang lasung menderita gesekan akibat rem kendaraan (wearing course). Abu sawit sebagai filler merupakan salah satu limbanh hasil pengolahan kelapa sawit, yang merupakan sisa pembakaran cakang dan serabut kelapa sawit, yang dibakar pada suhu 700 - 800 dalam dapur atau tungku pembakaran, yang disebut boiller. Unsur kimia yang dominan pada abu sawit adalah silikan (SiO), sebayak 31,45%,dan CaO, sebayak 15,2%. Pengaruh asphalt hot mix berdasarkan Hasil penelitian penelitian analisa dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa dalam medesain Asphalt Concrete-Base Course (AC-BC) perkerasan jalan dengan menggunakan spesifikasi gradasi agregat tipe IV.B dari Asphalt Institute serta aspal pertamina pen 60/70 pada penelitian ini sudah cukup baik dan semua material yang dipakai memasuki semua spec yang telah ditentukan, variasi variabel yang digunakan diantaranya 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, 7% dan hasil yang diperoleh Abu sawit Sebagai filler Mendapatkan KAO ( kadar Aspal Optimum ) sebesar 6,50 % dan Hot mix . Dengan campuran Semen Sebagai filler sehingga Mendapatkan Kadar Aspal Optimum pada parameter marshall test yang akan di pergunakan untuk produksi pada saat AMP ( Asphalt Mixture) Sebesar 6,11 %.pada pendesainan ini mengacu pada parameter metode Marshall yang merupakan persyaratan menentukan desain campuran agregat dan aspal dalam konstruksi pekerasan jalan di Indonesia. Kata kunci : Asphalt optimum, Abu Sawit, Asphalt Hot Mix.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Ir.H.Zainul Bahri,MT 2. Ir.Noto Royan,MT |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Asphalt optimum, Abu Sawit, Asphalt Hot Mix. |
Subjects: | Teknik Sipil > teknik jalan raya |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 06:28 |
Last Modified: | 14 Mar 2019 06:28 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3359 |
Actions (login required)
View Item |