ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KAIN BATIK KHAS KOTA PALEMBANG (STUDI KASUS GRIYA KAIN TUAN KENTANG)

MEILITA PUTRI, NIM 642021028 (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KAIN BATIK KHAS KOTA PALEMBANG (STUDI KASUS GRIYA KAIN TUAN KENTANG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
642021028_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
642021028_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
642021028_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
642021028_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
642021028_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
642021028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
642021028_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
642021028_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh Griya Kain Tuan Kentang dalam upaya meningkatkan penjualan kain batik khas Kota Palembang serta dampaknya. Batik Palembang memiliki nilai budaya dan ekonomi yang tinggi, namun persaingan pasar yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian mencakup pada kualitas produk, harga kompetitif, pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi, serta kerja sama dengan mitra lokal dan pelaku ekonomi kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Griya Kain Tuan Kentang menerapkan teori bauran pemasaran (marketing mix) 7P product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence, terbukti mampu meningkatkan daya tarik konsumen dan memperluas pangsa pasar sehingga berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan usaha. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang tepat dan adaptif sangat berpengaruh terhadap daya saing dan pertumbuhan usaha kain batik lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Rina Dwi Wulandari S.E., M.Si Pembimbing 2. Helyadi S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Penjualan, Kain Batik Palembang, Griya Kain Tuan Kentang
Subjects: Ekonomi Islam
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:37
Last Modified: 24 Sep 2025 04:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33431

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.