MEILITA PUTRI, NIM 642021028 (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KAIN BATIK KHAS KOTA PALEMBANG (STUDI KASUS GRIYA KAIN TUAN KENTANG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
![]() |
Text
642021028_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
642021028_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
![]() |
Text
642021028_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
![]() |
Text
642021028_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
![]() |
Text
642021028_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
![]() |
Text
642021028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
![]() |
Text
642021028_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
642021028_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh Griya Kain Tuan Kentang dalam upaya meningkatkan penjualan kain batik khas Kota Palembang serta dampaknya. Batik Palembang memiliki nilai budaya dan ekonomi yang tinggi, namun persaingan pasar yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian mencakup pada kualitas produk, harga kompetitif, pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi, serta kerja sama dengan mitra lokal dan pelaku ekonomi kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Griya Kain Tuan Kentang menerapkan teori bauran pemasaran (marketing mix) 7P product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence, terbukti mampu meningkatkan daya tarik konsumen dan memperluas pangsa pasar sehingga berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan usaha. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang tepat dan adaptif sangat berpengaruh terhadap daya saing dan pertumbuhan usaha kain batik lokal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Rina Dwi Wulandari S.E., M.Si Pembimbing 2. Helyadi S.H., M.H |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Penjualan, Kain Batik Palembang, Griya Kain Tuan Kentang |
Subjects: | Ekonomi Islam Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 04:37 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 04:37 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |