YENI YUSNIA, NIM. 93221013 (2025) Pengembangan Media Teka Teki Silang Berbasis Model Teams Games Tournament terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Biologi Kelas VII MTs As-Salam Palembang. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
93221013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (573kB) | Preview |
|
![]() |
Text
93221013_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
![]() |
Text
93221013_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
|
![]() |
Text
93221013_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) |
|
![]() |
Text
93221013_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
![]() |
Text
93221013_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
![]() |
Text
93221013_ LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
93221013_COVER SAMPAI LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRACT Yeni Yusnia. 2025. Pengembangan Media Teka Teki Silang Berbasis Model Teams Games Tournament terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Biologi Kelas VII MTs As-Salam Palembang. Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Dr. Meli Astriani, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media TTS berbasis model Teams Games Tournament serta mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan, motivasi, dan hasil belajar pada materi IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Uji coba produk dilakukan pada 25 peserta didik dikelas VII MTs As-Salam Palembang, dengan melibatkan pula satu orang guru mata pelajaran IPA sebagai responden uji kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan validasi ahli bahasa, materi, media, perangkat pembelajaran dan bahan ajar maka diperoleh bahwa ratarata indikator pada bahasa yaitu 78%, materi 78%, dan media 79% dengan kualifikasi baik dan valid. Pada perangkat pembelajaran diperoleh rata-rata indikator yaitu 94% dan bahan ajar 84% dengan kualifikasi sangat baik dan keterangan sangat valid. Hasil penilaian ahli kepraktisan media diperoleh ratarata indikator yaitu pada guru 86% dengan kualifikasi valid dan peserta didik 84% dengan kualifikasi sangat kuat. Berdasarkan hasil tabulasi data tanggapan siswa terhadap keefektifan media TTS biologi didapatkan persentase sebesar 81,16% dengan kategori sangat tinggi. Kemudian nilai respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yaitu 88,05 dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa media TTS berbasis model Teams Games Tournament yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Validitas tinggi menunjukkan bahwa konten dan media yang dikembangkan sesuai dengan standar pembelajaran. Kepraktisan yang tinggi dari guru dan peserta didik menunjukkan bahwa media ini mudah digunakan dan membantu dalam proses pembelajaran. Peningkatan motivasi dan hasil belajar yang tergolong sedang menunjukkan bahwa penggunaan media ini mampu memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep peserta didik. Meskipun demikian, ke depan media ini dapat terus disempurnakan agar mampu menghasilkan peningkatan yang lebih tinggi. Dapat disimpulkan dengan menggunakan media TTS peserta didik dapat termotivasi dalam proses pembelajaran karena belajar sambil bermain. Kata kunci: Pengembangan, Media TTS, TGT, Motivasi, Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: (1) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Dr. Meli Astriani, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengembangan, Media TTS, TGT, Motivasi, Hasil belajar. |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi (S2) |
Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 06:33 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 06:33 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |