ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA MICROBUS TRANS MUSI DI KORIDOR 5 (PALEMBANG ICON - TALANG KELAPA)

IRSAN SARHAB FARISMA, NIM.112021119 (2025) ANALISA TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA MICROBUS TRANS MUSI DI KORIDOR 5 (PALEMBANG ICON - TALANG KELAPA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
112021119_BAB I_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img] Text
112021119_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
112021119_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
112021119_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
112021119_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
112021119_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
112021119_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
112021119_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Transportasi merupakan kebutuhan pokok masyarakat dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Di Kota Palembang, layanan BRT Trans Musi hadir sejak 2010 dan pada 1 November 2024 armada bus besar diganti dengan microbus yang lebih sesuai dengan kondisi lalu lintas kota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pemgguna terhadap layanan Microbus Trans Musi. Metode yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan secara menyeluruh. Secara keseluruhan, diperoleh nilai CSI sebesar 79,90% yang termasuk kategori puas (66–80%). Hal ini menunjukkan bahwa layanan Microbus Trans Musi Koridor 5 telah memenuhi harapan pengguna, meskipun belum mencapai kategori sangat puas (>80%). Adapun faktor dengan bobot kepuasan tertinggi adalah Keramahan Pengemudi dan Fitur Keamanan, masing-masing memperoleh kontribusi sebesar 10,35%. Sedangkan faktor dengan bobot kepuasan terendah adalah Ketersediaan Informasi sebesar 9,83% dan Suhu (AC) dan Ventilasi sebesar 8,55%. Untuk meningkatkan kepuasan, diperlukan perbaikan pada aspek yang masih memiliki kesenjangan besar antara harapan dan kenyataan, khususnya kenyamanan suhu dan ketersediaan informasi. Dengan adanya perbaikan pada aspek tersebut, diharapkan kualitas layanan dapat ditingkatkan sehingga memberikan pengalaman yang lebih optimal bagi pengguna. Kata Kunci : Transportasi, Bus Rapid Transit, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna, Tingkat Kepuasan, Customer Satisfaction Index, Microbus, Trans Musi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. IR. REVISDAH, M.T. 2. M. HIJRAH AGUNG SARWANDY, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Transportasi, Bus Rapid Transit, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna, Tingkat Kepuasan, Customer Satisfaction Index, Microbus, Trans Musi
Subjects: Teknik Sipil > teknik jalan raya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 16 Sep 2025 04:11
Last Modified: 16 Sep 2025 04:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33338

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.