IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PONDOK PESANTREN ASSALAM SUNGAI LILIN

M. Nurhadi, 95223012 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PONDOK PESANTREN ASSALAM SUNGAI LILIN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
95223012_BAB I_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
95223012_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
95223012_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
95223012_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
95223012_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
95223012_BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
95223012_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
95223012_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
95223012_FULL_TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas IX A Putra di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pondok Pesantren Assalam Sungai Lilin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran akidah akhlak di kelas IX A Putra dilakukan melalui pendekatan yang melibatkan metode keteladanan dan pembiasaan. Guru berperan sebagai teladan dalam menerapkan nilai-nilai akhlak, sementara siswa diajak untuk membiasakan diri dalam berperilaku sesuai dengan ajaran akidah akhlak. Efektivitas kedua metode ini terbukti mampu meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya karakter yang baik, serta mendorong mereka untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran akidah akhlak. Faktor pendukung meliputi dukungan dari pihak sekolah dan lingkungan pesantren yang kondusif, sedangkan faktor penghambat mencakup perbedaan karakter siswa, pengaruh lingkungan external dan keterbatasan waktu. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang pentingnya pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa serta menawarkan rekomendasi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di MTs Pondok Pesantren Assalam Sungai Lilin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Sayid Habiburrahman., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Karakter, Keteladanan, Pembiasaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:34
Last Modified: 24 Sep 2025 03:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33306

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.