ALDY YAHYA PRATAMA, NIM. 412021078 (2025) STRATEGI PEMASARAN TEH GUNUNG DEMPO DI KOPERASI RUWA JURAI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA 1 REGIONAL 7 PAGAR ALAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
412021078_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
412021078_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
![]() |
Text
412021078_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
![]() |
Text
412021078_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
![]() |
Text
412021078_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
![]() |
Text
412021078_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
![]() |
Text
412021078_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) |
|
![]() |
Text
412021078_COVER_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan Koperasi Ruwa Jurai PT. Perkebunanan Nusantara 1 Regional 7 Pagar Alam dalam memasarkan teh gunung dempo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penarikan contoh yang digunakan Purposive Sampling (secara sengaja) untuk Manajer, karyawan, stakeholder sebagai penyedia bahan baku teh dari PT. Perkebunan Nusantara 1 Regional 7 Pagar Alam dan pelanggan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data yaitu Kondensasi data, penyajian data, mengambarkan dan menarik kesimpulan. Dan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pemasaran produk Teh Gunung Dempo yang dapat diterapkan di Koperasi Ruwa Jurai yaitu: Memanfaatkan event lokal seperti pameran UMKM, festival daerah, atau kegiatan pariwisata untuk memperluas jaringan distribusi dan promosi. Ciptakan produk baru dengan kemasan yang lebih menarik dan bervariasi seperti kemasan saset dan the celup. Mengembangkan program promosi harga seperti diskon, bundling, atau paket ekonomis guna menarik minat konsumen baru. Tingkatkan kapasitas tim pemasaran melalui pelatihan digital marketing. Mencari alternatif pemasok untuk bahan kemasan untuk mengurangi resiko keterlambatan. Menambah Sumber daya manusia bagian pemasaran dan khusus bagian promosi atau bekerja sama dengan pihak ketiga untuk memperluas distribusi. Melakukan pemasaran secara online dan segera mengurus izin BPOM untuk distribusi lebih luas. Menonjolkan keunggulan teh asli PTPN 1 sebagai produk khas daerah yang tidak dimiliki pesaing. Key Word: Strategi Pemasaran, Teh Gunung Dempo, Koperasi Ruwa Jurai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Ir. Mustopa Marli Batubara, M.P 2. Sisvaberti Afriyatna, S.P., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Teh Gunung Dempo, Koperasi Ruwa Jurai. |
Subjects: | Agribisnis > pemasaran pertanian |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Pertanian |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 03:43 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 03:43 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |