RAHMA AZIZA, 342020013 (2025) PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
1. 342020013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
2. 342020013_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
![]() |
Text
3. 342020013__BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
|
![]() |
Text
4. 342020013_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) |
|
![]() |
Text
5. 342020013_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
![]() |
Text
6. 342020013_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
![]() |
Text
7. 342020013_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
![]() |
Text
8. 342020013_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
![]() |
Text
9. 342020013_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental menggunakan one group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Palembang, dengan sampel sebanyak 27 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan IBM SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan LKPD berbasis model inkuiri terbimbing. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test, diperoleh nilai mean difference sebesar 41,111 dengan t-hitung = 8,437, df = 26, dan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest, dimana hasil posttest lebih tinggi dibandingkan pretest. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan LKPD berbasis model inkuiri terbimbing berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui LKPD mampu memfasilitasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, sehingga meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan LKPD berbasis inkuiri terbimbing sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dra. Aseptianova, M.Pd. 2. Dr. Nita Nuraini, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: lkpd, inkuiri terbimbing, sistem pencernaan manusia, hasil belajar kognitif, smp |
Subjects: | Biologi > Fisiologi Muhammadiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 03:20 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 03:20 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |