PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GITMIND DENGAN KOLABORASI KUIS KAHOOT PADA MATERI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALEMBANG

NABILA PUTRI RIZQIA, NIM. 312021002 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GITMIND DENGAN KOLABORASI KUIS KAHOOT PADA MATERI TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312021002_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text
312021002_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
312021002_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
312021002_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
312021002_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
312021002_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
312021002_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
312021002_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
312021002_Cover_sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis GitMind dengan Kolaborasi kuis Kahoot untuk Materi Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palembang, serta mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall dan yang meliputi 6 tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, dan uji coba produk. Dan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Palembang tahun ajaran 2025. Hasil validasi ahli media memperoleh kategori sangat layak dengan persentase kelayakan 81,33%. Validasi ahli materi juga menunjukkan kategori sangat layak dengan persentase kelayakan 95,00%, sedangkan uji coba terbatas pada siswa menghasilkan respon positif dengan persentase 83,52%. Selain itu, hasil tes belajar menunjukkan peningkatan pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai mencapai 94,80, sehingga media pembelajaran berbasis GitMind dengan kolaborasi kuis Kahoot terbukti efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks biografi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis GitMind dengan kolaborasi kuis Kahoot layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran teks biografi di kelas X SMA Negeri 4 Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Gunawan Ismail, M.Pd. 2. Dr. Sri Parwanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan media, GitMind, Kahoot, teks biografi
Subjects: Bahasa Indonesia > Esai
Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:46
Last Modified: 10 Sep 2025 02:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33097

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.