LISTYA MONALISA, NIM.342020003 (2025) PENGARUH MODEL SELF-REGULATED LEARNING BERBASIS SAINTIFIK YANG DIPADUKAN DENGAN NILAI TRADISI BEKARANG DALAM MENANAMKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
![]() |
Text
342020003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
![]() |
Text
342020003_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
![]() |
Text
342020003_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
![]() |
Text
342020003_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
![]() |
Text
342020003_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
![]() |
Text
342020003_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
![]() |
Text
342020003_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
![]() |
Text
342020003_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
342020003_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Self-Regulated Learning Berbasis Saintifik (SRLBS) yang dipadukan dengan nilai tradisi bekarang dalam menanamkan sikap peduli lingkungan siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh degradasi kualitas sungai akibat pencemaran serta rendahnya integrasi nilai kearifan lokal tradisi Bekarang dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen menggunakan desain posttest-only non-equivalent group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas X SMA Negeri 5 Palembang, masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket sikap peduli lingkungan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model SRLBS yang dipadukan dengan nilai tradisi bekarang terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,013 < α 0,05. Dengan demikian, integrasi model SRLBS dan tradisi bekarang efektif dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian lingkungan di kalangan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Erie Agusta, S.Pd., M.Pd. 2. Ervina Mukharomah, S.Pd., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | self-regulated learning, tradisi bekarang, sikap peduli lingkungan, SRLBS, kearifan lokal |
Subjects: | Muhammadiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:29 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:29 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |