Winda Mariza, NIM.342020011 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN STRATEGI OUTDOOR STUDY TERHADAP KOLABORASI SISWA PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM DI SMAN 14 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
![]() |
Text
342020011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
342020011_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
![]() |
Text
342020011_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
342020011_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
![]() |
Text
342020011_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
![]() |
Text
342020011_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
![]() |
Text
342020011_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
![]() |
Text
342020011_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
![]() |
Text
342020011_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Keterampilan kolaboratif merupakan salah satu kompetensi utama abad ke-21 yang perlu dimiliki siswa untuk menghadapi tantangan global. Namun, dalam praktik pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), kemampuan kolaborasi siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) dengan strategi Outdoor Study terhadap kolaborasi siswa pada materi makhluk hidup dalam ekosistem di SMAN 14 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experiment. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang terbagi dalam tiga kelompok: kelas eksperimen, kelas konvensional, dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi kolaborasi yang mencakup Penilaian Diri Sendiri (self-assessment) dan Penilaian Teman Sebaya (peer-assessment). Hasil uji ANCOVA menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara ketiga kelas. Uji Tukey HSD menunjukkan bahwa kolaborasi siswa meningkat secara signifikan pada kelas yang menggunakan model PBL dengan strategi Outdoor Study dibandingkan kelas konvensional dan kelas kontrol sehingga model PBL dengan strategi Outdoor Study terbukti efektif dalam meningkatkan kolaborasi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si 2. Dr. Erni Angraini, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | problem-based learning, outdoor study, kolaborasi |
Subjects: | Biologi > Ekologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:47 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 03:47 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |