SUCI FITRI, NIM. 342021012 (2025) ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA SMA NEGERI 2 PALEMBANG PADA MATERI SEL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342021012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (483kB) | Preview |
|
![]() |
Text
342021012_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
342021012_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
342021012_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
342021012_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
342021012_BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
342021012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
342021012_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan kognitif yang meliputi menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, yang sangat penting dalam pembelajaran abad ke-21. HOTS memungkinkan siswa memahami konsep ilmiah yang kompleks, memecahkan masalah secara efektif, dan mengaplikasikan pengetahuan dalam situasi nyata. Pengembangan HOTS penting untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, reflektif, dan kreatif pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan HOTS siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palembang pada materi sel. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek siswa kelas XI, serta instrumen berupa soal tes HOTS materi sel yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan HOTS siswa masih berada pada kategori kurang. Persentase pencapaian pada indikator menganalisis (C4) sebesar 46,54%, mengevaluasi (C5) sebesar 43,82%, dan mencipta (C6) sebesar 40,94%. Beberapa hasil penelitian yang menjelaskan kurangnya keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa antara lain: 1) Rendahnya kemampuan HOTS disebabkan siswa belum terbiasa mengerjakan soal HOTS; 2) Keterbatasan pengulangan latihan yang menuntut keterampilan tingkat tinggi; 3) Siswa lebih dominasi pembelajaran teacher-centered.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Rindi Novitri Antika, S.Pd., M.Pd. Pembimbing: 2. Dr. Nita Nuraini, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: higher order thinking skills, biologi, sel |
Subjects: | Biologi > Ilmu Hewan Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan Biologi > Mikroba |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Program Profesi Guru |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 02:19 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 02:19 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33044 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |