UNIKA KAMILA, NIM. 342021009 (2025) Hubungan Antara Plant Awareness dan Keterampilan Identifikasi Tumbuhan Berpotensi Obat Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Berbasis Indigenous Knowledge. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342021009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (937kB) | Preview |
|
![]() |
Text
342021009_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
|
![]() |
Text
342021009_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
|
![]() |
Text
342021009_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
![]() |
Text
342021009_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
![]() |
Text
342021009_BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
![]() |
Text
342021009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
|
![]() |
Text
342021009_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
342021009_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara megabiodiversitas yang kaya akan keanekaragaman hayati, termasuk tumbuhan berpotensi obat yang telah lama dimanfaatkan masyarakat melalui pengetahuan lokal (indigenous knowledge). Namun, seiring perkembangan zaman, terjadi penurunan minat dan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya tumbuhan, fenomena ini dikenal sebagai plant blindness. Dalam konteks pendidikan biologi, dibutuhkan kesadaran terhadap tumbuhan (plant awareness) serta keterampilan dalam mengidentifikasi tumbuhan obat untuk mendukung konservasi dan pemanfaatan sumber daya hayati secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara plant awareness dan keterampilan identifikasi tumbuhan berpotensi obat pada mahasiswa Pendidikan Biologi berbasis indigenous knowledge. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan subjek mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Biologi dari tiga perguruan tinggi, yaitu Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Sriwijaya, dan UIN Raden Fatah Palembang. Instrumen yang digunakan adalah angket skala Likert untuk mengukur plant awareness dan keterampilan identifikasi tumbuhan obat. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang kuat antara kesadaran terhadap tumbuhan (plant awareness) dan keterampilan identifikasi tumbuhan obat (r = 0,779) dengan tingkat signifikansi p = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki kesadaran lebih tinggi terhadap pentingnya tumbuhan cenderung memiliki keterampilan yang lebih baik dalam mengidentifikasi tumbuhan obat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Susi Dewiyeti, S.Si., M.Si. 2. Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: plant awareness, keterampilan identifikasi tumbuhan obat,indigenous knowledge, pendidikan biologi, mahasiswa. |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:40 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 03:40 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33041 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |