Siti Aisyah, NIM 342020019 (2025) Profil Keterampilan Berpikir Kritis pada Hasil Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342020019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (556kB) | Preview |
|
![]() |
Text
342020019_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
![]() |
Text
342020019_ BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
![]() |
Text
342020019_ BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
![]() |
Text
342020019_ BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
![]() |
Text
342020019_ BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
![]() |
Text
342020019_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
![]() |
Text
342020019_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
![]() |
Text
342020019_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Di era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, keterampilan berpikir kritis menjadi kompetensi penting yang harus dimiliki oleh siswa abad ke-21 agar mampu menghadapi tantangan kompleks dalam kehidupan nyata. Namun, sejumlah data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dalam pembelajaran Biologi pada materi virus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa tes yang mengukur enam indikator keterampilan berpikir kritis, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, penarikan kesimpulan, penjelasan, dan pengaturan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata sebesar 79,86%. Indikator analisis (84,87%), evaluasi (82,24%), dan penarikan kesimpulan (80,92%) berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan interpretasi (75,66%), penjelasan (75%), dan pengaturan diri (76,32%) berada dalam kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa sudah memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik, namun masih memerlukan peningkatan pada aspek komunikasi, strategi belajar, dan pemahaman informasi. Kesimpulannya, siswa telah menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang cukup kuat, namun pengembangan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan dukungan lingkungan belajar yang mendukung tetap diperlukan untuk mengoptimalkan keterampilan tersebut. Kata Kunci: biologi, berpikir kritis, interpretasi, pembelajaran berbasis masalah, virus
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si. 2. Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: biologi, berpikir kritis, interpretasi, pembelajaran berbasis masalah, virus |
Subjects: | Biologi > Mikroba Muhammadiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:59 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 03:59 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |