Profil Keterampilan Berpikir Kritis pada Hasil Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang

Siti Aisyah, NIM 342020019 (2025) Profil Keterampilan Berpikir Kritis pada Hasil Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342020019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text
342020019_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
342020019_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
342020019_ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
342020019_ BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
342020019_ BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
342020019_ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
342020019_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
342020019_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Di era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, keterampilan berpikir kritis menjadi kompetensi penting yang harus dimiliki oleh siswa abad ke-21 agar mampu menghadapi tantangan kompleks dalam kehidupan nyata. Namun, sejumlah data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dalam pembelajaran Biologi pada materi virus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa tes yang mengukur enam indikator keterampilan berpikir kritis, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, penarikan kesimpulan, penjelasan, dan pengaturan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa berada pada kategori tinggi dengan rata-rata sebesar 79,86%. Indikator analisis (84,87%), evaluasi (82,24%), dan penarikan kesimpulan (80,92%) berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan interpretasi (75,66%), penjelasan (75%), dan pengaturan diri (76,32%) berada dalam kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa sudah memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik, namun masih memerlukan peningkatan pada aspek komunikasi, strategi belajar, dan pemahaman informasi. Kesimpulannya, siswa telah menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang cukup kuat, namun pengembangan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dan dukungan lingkungan belajar yang mendukung tetap diperlukan untuk mengoptimalkan keterampilan tersebut. Kata Kunci: biologi, berpikir kritis, interpretasi, pembelajaran berbasis masalah, virus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si. 2. Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: biologi, berpikir kritis, interpretasi, pembelajaran berbasis masalah, virus
Subjects: Biologi > Mikroba
Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:59
Last Modified: 08 Sep 2025 03:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33029

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.