MUHAMMAD NOER CHOLIK, NIM.342021002 (2025) PERSEPSI GURU IPA TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMPN SE-KECAMATAN KOTA KAYU AGUNG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyyah Palembang.
|
Text
342021002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (325kB) | Preview |
|
![]() |
Text
342021002_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
![]() |
Text
342021002_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
![]() |
Text
342021002_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
![]() |
Text
342021002_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
![]() |
Text
342021002_BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
![]() |
Text
342021002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
![]() |
Text
342021002_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
342021002_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru IPA terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri Kecamatan Kota Kayu Agung. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang menekankan pada pembelajaran yang fleksibel, berpusat pada siswa, serta berorientasi pada pengembangan kompetensi holistik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan campuran (mix methods), yang menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian meliputi angket, soal, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian guru IPA yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka di beberapa SMP Negeri di wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum guru memiliki persepsi positif terhadap implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya pada aspek pemahaman konsep, kesiapan menyusun modul ajar, serta penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Meski demikian, guru masih menghadapi sejumlah kendala, antara lain keterbatasan waktu, fasilitas, serta pemahaman teknis dalam pelaksanaan asesmen berbasis proyek. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan dan dukungan dari pihak sekolah agar implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran IPA dapat berlangsung secara optimal dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing:1. Dr. H. Saleh Hidayat, M.SI Pembimbing:2. Erie Agusta, S.Pd. M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | persepsi guru, Kurikulum Merdeka, pembelajaran IPA, SMP |
Subjects: | Biologi > Ilmu Hewan Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 01:40 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 01:40 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |