PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS DI SMAN 5 PRABUMULIH

ADINDA PUTRI PRIANI, NIM. 342021015 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS DI SMAN 5 PRABUMULIH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342021015 _BAB I_DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342021015 _BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
342021015_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
342021015_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
342021015_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
342021015_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
342021015_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
342021015_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
342021015_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Augmented Reality (AR) terhadap peningkatan pemahaman peserta didik pada materi virus di SMAN 5 Prabumulih. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi virus yang bersifat abstrak serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe pretest-posttest non-equivalent control group design. Peneliti menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PBL berbantuan media AR dan kelas kontrol yang menggunakan model PBL dengan media Power Point (PPT). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi dan tes dan dianalisis menggunakan uji t dengan kriteria, jika sig > 0,05 maka H0 diterima, Ha ditolak. Jika sig < 0,05 maka Ho ditolak, Ha diterima. Hasil uji paired t-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh baik dikelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Namun terdapat perbedaan peningkatkan pemahaman pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 25,435. Sedangkan kelas kontrol nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 20,917. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media AR berpengaruh signifikan terhadap meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi virus. Penggunaan AR membantu memvisualisasikan objek abstrak secara lebih nyata dan interaktif, sehingga mendukung proses pembelajaran yang lebih bermakna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Dr. Bagas Rasid Sidik, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, augmented reality, pemahaman, virus, biologi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Sep 2025 01:57
Last Modified: 08 Sep 2025 01:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33020

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.