Desvy Lira Fitriani, Nim. 332021009 (2024) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva dengan Integrasi Kearifan Lokal Palembang Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di SMP. Skripsi thesis, Universitas Mhammadiyah Palembang.
|
Text
332021009_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text
332021009_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text
332021009_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
332021009_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
332021009_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
![]() |
Text
332021009_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (783kB) |
|
![]() |
Text
332021009_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
![]() |
Text
332021009_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis Canva yang diintegrasikan dengan kearifan lokal Palembang pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) di SMP, serta menilai tingkat kelayakan, kepraktisan, dan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Palembang tahun ajaran 2025/2026, dengan uji coba kelompok kecil sebanyak 5 siswa dan uji coba kelompok besar sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kategori sangat valid berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 94,44%, ahli bahasa 94,27%, dan ahli media 100%. Uji coba kelompok kecil memperoleh respon siswa sebesar 66,87% dengan kategori menarik, sedangkan pada uji coba kelompok besar meningkat menjadi 88,72% dengan kategori sangat menarik. Sementara itu, hasil tes evaluasi pembelajaran menunjukkan persentase 80,15% yang termasuk kategori baik. Dengan demikian, media video pembelajaran berbasis Canva dengan integrasi kearifan lokal Palembang dinyatakan layak, menarik, serta efektif digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi PLSV di tingkat SMP.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Ali Syahbana, S.Si., M.P. 2. Nyimas Inda Kusumawati, S.Si., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, canva, kearifan lokal, PLSV |
Subjects: | Muhammadiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 07:08 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 07:08 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/33006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |