PENGARUH GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WEB WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS X SMA

Nindi Ilma Putri Utami, 332021014 (2025) PENGARUH GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WEB WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS X SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332021014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332021014_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
332021014_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
332021014_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
332021014_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
332021014_BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
332021014_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
332021014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
332021014_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning berbantuan media web Wordwall terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA NU Palembang pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metodologi yang diterapkan adalah eksperimen dengan rancangan Posttest Only Control Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 30 peserta didik dari kelas X. 4 sebagai kelompok eksperimen yang diterapkan dengan Game Based Learning berbantuan Wordwall, serta 30 peserta didik dari kelas X. 3 sebagai kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Analisis data dilakukan dengan uji-t setelah memenuhi syarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelompok eksperimen (81,63) lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (75,97), dengan nilai t_hitung = 2,468 > t_tabel = 1,672 pada tingkat signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning yang didukung oleh media web Wordwall memberikan dampak positif dan signifikan terhadap pencapaian belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbinng; 1. Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Game Based Learning, Wordwall, Hasil Belajar, SPLDV, Matematika
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2025 06:50
Last Modified: 06 Sep 2025 06:50
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32992

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.