Nindi Ilma Putri Utami, 332021014 (2025) PENGARUH GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WEB WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS X SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332021014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
332021014_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (810kB) |
|
![]() |
Text
332021014_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
![]() |
Text
332021014_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
332021014_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
|
![]() |
Text
332021014_BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
![]() |
Text
332021014_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
![]() |
Text
332021014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
![]() |
Text
332021014_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning berbantuan media web Wordwall terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA NU Palembang pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metodologi yang diterapkan adalah eksperimen dengan rancangan Posttest Only Control Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 30 peserta didik dari kelas X. 4 sebagai kelompok eksperimen yang diterapkan dengan Game Based Learning berbantuan Wordwall, serta 30 peserta didik dari kelas X. 3 sebagai kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Analisis data dilakukan dengan uji-t setelah memenuhi syarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada kelompok eksperimen (81,63) lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (75,97), dengan nilai t_hitung = 2,468 > t_tabel = 1,672 pada tingkat signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning yang didukung oleh media web Wordwall memberikan dampak positif dan signifikan terhadap pencapaian belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbinng; 1. Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Game Based Learning, Wordwall, Hasil Belajar, SPLDV, Matematika |
Subjects: | Matematika > Matematika Statistik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 06:50 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 06:50 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |