PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QASEE (QUESTIONING, ANSWERING, SHARING, EXTENDING, AND EVALUATING) PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG

WALIA WIJAYANI, NIM. 342019020 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QASEE (QUESTIONING, ANSWERING, SHARING, EXTENDING, AND EVALUATING) PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342021019_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
342021019_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
342021019_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
342021019_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
342021019_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img] Text
342021019_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
342021019_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
342021019_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
342021019_Cover_Sampai_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

QASEE merupakan salah satu model pembelajaran yang berbasis konstruktivisme yang memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan metakognitif karena membantu peserta didik menyadari proses berpikirnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran QASEE pada materi sistem saraf terhadap peningkatan keterampilan metakognitif peserta didik di kelas XI SMA Aisyiyah 1 Palembang serta untuk menemukan perbedaan keterampilan metakognitif antara kelas yang diajarkan model pembelajaran QASEE dengan kelas yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design (pretest-posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Aisyiyah 1 Palembang yang terdiri dari 20 peserta didik kelas eksperimen dan 16 peserta didik kelas kontrol. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas peserta didik kelas XI yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa berdasarkan uji T berpasangan terdapat juga pengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognitif yang diberikan kepada peserta didik yang diajarkan pembelajaran QASEE dikarenakan nilai rata-rata 63,50 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji T berpasangan ada pengaruh pada kelas kontrol yang diajarkan pembelajaran konvensional pada keterampilan metakognitif dengan nilai rata-rata sebesar 35,12, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil dari perhitungan effect size pada kelas eksperimen nilai cohen’s d sebesar 4.411303, dimana d > 0,8 yang berarti efek sangat besar dan perhitungan effect size pada kelas kontrol nilai cohen’s d sebesar 2.309669741. Berdasarkan hasil uji T tidak berpasangan, terdapat perbedaan signifikan antara hasil keterampilan metakognitif peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran QASEE dan pembelajaran konvensional dimana nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dsimpulksn bahwa model pembelajaran QASEE dapat menjadi alternatif bagi guru untuk meningkatkan keterampilan metakognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Erni Angraini, M.Si. 2. Dr. Wulandari Saputri, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metakognitif, QASEE, konvensional
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2025 07:06
Last Modified: 06 Sep 2025 07:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32969

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.