sabrina khalilie, NIM. 332021015 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMEZUZO BERBASIS ANDROID DENGAN KONTEKS MAKANAN TRADISIONAL PALEMBANG PADA MATERI BILANGAN BULAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332021015_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
332021015_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
![]() |
Text
332021015_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
![]() |
Text
332021015_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
![]() |
Text
332021015_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
![]() |
Text
332021015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
![]() |
Text
332021015_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
![]() |
Text
332021015_Cover_sampai_Lampiran (3).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efek potensialmedia pembelajaran gameZUZO berbasisandroid dengan konteks makanan Tradisional Palembang yang dikembangkan pada pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan bulat untuk kelas VII SMP. Penelitian dilatar belakangi oleh perlunya media pembelajaran interaktif dan kontekstual sehingga peserta didik aktif selama proses pembelajaran. Pengembangan Media Pembelajaran Game ZUZO Berbasis Android Dengan Konteks Makanan Tradisional Palembang Pada Materi Bilangan Bulatmenggunakan metode Development and research model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan uji cobaterbatas pada kelompokkecil dan besar. Produk yang dihasilkanberupaaplikasi Android yang memadukanunsurpermainanedukatifulartangga, zigzag, dan monopoli, sertamenyisipkansoal-soalkontekstualbudayalokalsepertikuemaksubah, kojo, dan lapis legit. Hasil validasi menunjukkan media ini sangat valid dengan skor: ahli media 93,75%, ahli materi 100%, ahli bahasa 100%, dan ahli teknologi 93,34%. Kepraktisan media juga tergolong sangat praktis berdasarkan penilaian guru (95,83%), kelompok kecil (85,63%), dan kelompok besar (93,77%). Selain itu, efek potensial terhadap hasil belajar siswa mencapai rata-rata 86,5% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran game ZUZO layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika yang inovatif, menyenangkan, dan berkonteks budaya lokal. Kata kunci: Media, Operasi Bilangan Bulat, Media Interaktif, MakananTradisional Palembang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Luvi Antari, S.Pd,. M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si,. M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Media, Operasi Bilangan Bulat, Media Interaktif, MakananTradisional Palembang. |
Subjects: | Matematika > Ilmu Hitung Matematika > Komputasi Numerik Matematika > Logika Simbolik (Logika Matematis) Matematika > Simulasi Matematis Matematika > Topologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 06:15 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 06:15 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |