PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMEZUZO BERBASIS ANDROID DENGAN KONTEKS MAKANAN TRADISIONAL PALEMBANG PADA MATERI BILANGAN BULAT

sabrina khalilie, NIM. 332021015 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMEZUZO BERBASIS ANDROID DENGAN KONTEKS MAKANAN TRADISIONAL PALEMBANG PADA MATERI BILANGAN BULAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332021015_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332021015_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
332021015_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
332021015_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
332021015_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
332021015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
332021015_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
332021015_Cover_sampai_Lampiran (3).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efek potensialmedia pembelajaran gameZUZO berbasisandroid dengan konteks makanan Tradisional Palembang yang dikembangkan pada pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan bulat untuk kelas VII SMP. Penelitian dilatar belakangi oleh perlunya media pembelajaran interaktif dan kontekstual sehingga peserta didik aktif selama proses pembelajaran. Pengembangan Media Pembelajaran Game ZUZO Berbasis Android Dengan Konteks Makanan Tradisional Palembang Pada Materi Bilangan Bulatmenggunakan metode Development and research model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan uji cobaterbatas pada kelompokkecil dan besar. Produk yang dihasilkanberupaaplikasi Android yang memadukanunsurpermainanedukatifulartangga, zigzag, dan monopoli, sertamenyisipkansoal-soalkontekstualbudayalokalsepertikuemaksubah, kojo, dan lapis legit. Hasil validasi menunjukkan media ini sangat valid dengan skor: ahli media 93,75%, ahli materi 100%, ahli bahasa 100%, dan ahli teknologi 93,34%. Kepraktisan media juga tergolong sangat praktis berdasarkan penilaian guru (95,83%), kelompok kecil (85,63%), dan kelompok besar (93,77%). Selain itu, efek potensial terhadap hasil belajar siswa mencapai rata-rata 86,5% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran game ZUZO layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika yang inovatif, menyenangkan, dan berkonteks budaya lokal. Kata kunci: Media, Operasi Bilangan Bulat, Media Interaktif, MakananTradisional Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Luvi Antari, S.Pd,. M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si,. M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media, Operasi Bilangan Bulat, Media Interaktif, MakananTradisional Palembang.
Subjects: Matematika > Ilmu Hitung
Matematika > Komputasi Numerik
Matematika > Logika Simbolik (Logika Matematis)
Matematika > Simulasi Matematis
Matematika > Topologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2025 06:15
Last Modified: 06 Sep 2025 06:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32965

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.