Pengembangan LKPD Berkonteks Islami Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas X SMA

NURUL KHOTIMAH, NIM.332021010 (2025) Pengembangan LKPD Berkonteks Islami Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas X SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
332021010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[img] Text
332021010_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
332021010_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
332021010_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
332021010_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
332021010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
332021010_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
332021010_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Bahan ajar memainkan peran penting dalam proses pendidikan, dan banyak orang percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan kreatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berkonteks Islami dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Barisan dan Deret Aritmetika serta mengetahui dampaknya terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan desain Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan melibatkan 30 siswa kelas X SMA NU Palembang. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Validasi oleh ahli materi, media, dan bahasa menunjukkan kualitas LKPD sangat baik dengan skor rata-rata 96,94% (sangat valid). Uji kepraktisan menunjukkan tanggapan guru 96,42%, tanggapan peserta didik uji coba terbatas 97,5%, dan tanggapan peserta didik uji coba skala besar 93,26% (sangat praktis). Hasil tes akhir peserta didik pada uji coba skala besar menunjukkan skor rata-rata 84,16% (baik), membuktikan bahwa LKPD ini efektif meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:1.Ali Syahbana, S.Si., M.Pd. Pembimbing:2.Amrina Rizta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: LKPD, konteks Islami, CTL, barisan dan deret aritmetika
Subjects: Matematika > Filsafat dan Teori Matematika
Matematika > Ilmu Hitung
Matematika > Logika Simbolik (Logika Matematis)
Matematika > Teori dan Konstruksi Grafik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2025 04:31
Last Modified: 06 Sep 2025 04:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32950

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.