Detasya Putri Regina, NIM. 332021017 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV) KELAS VII SMP NEGERI 16 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
|
Text
332021017_cover_bab I_daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
332021017_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
332021017_ BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
332021017_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
332021017_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
332021017_BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
![]() |
Text
332021017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
![]() |
Text
332021017_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
![]() |
Text
332021017_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Tujuan dari kajian ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi persamaan linear satu variabel (PLSV) kelas VII SMP Negeri 16 Palembang. Kemampuan berpikir kritis yang dikaji meliputi indikator interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Motede penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Discovery Learning dan kelas kontrol yang diberi perlakuan tanpa menggunakan model Discovery Learning. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis yang berupa soal uraian sebanyak 4 soal. Hasil uji hipotesis data post-test dengan taraf signigikansi 5% melalui perhitungan manual didapatkan nilai thitung = 9,176 dan dari tabel distribusi t didapat ttabel = 2,007 karena thitung > ttabel maka thitung terletak pada daerah penolakan Ho sehingga Ha diterima. Dan hasil tersebut diperkuat melalui perhitungan IBM SPSS Statistic Versi 27 menggunakan uji independent sample t-test didapatkan nilai Sig. sebesar 0.000 < 0.05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima menunjukkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi PLSV.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Drs. Syaifudin, M.Pd 2. Heru, S.Pd., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, kemampuan berpikir kritis, PLSV, matematika, SMP |
Subjects: | Matematika > Aljabar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 03:43 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 03:43 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |