PENGARUH MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BAKTERI PADA SISWA KELAS X DI SMA SRIGUNA PALEMBANG

RIZKA YULIENTHIA MT, NIM 342014124 (2019) PENGARUH MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI BAKTERI PADA SISWA KELAS X DI SMA SRIGUNA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014124_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014124_BAB II_SAMPAI_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar pada materi bakteri pada siswa kelas X di SMA Sriguna Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimen. Model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 (eksperimen) dan kelas X MIPA 3 (kontrol). Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Hasil uji t data berpasangan (Paired sampel T-test) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai (sig 2-tailed = 0,000) <½ α (0,025) maka H0 ditolak jadi terdapat pengaruh hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, tetapi nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol karena pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan uji hipotesis (Independent Sample T-test). Diperoleh nilai sig 2-tailed sebesar 0,014 <½ α (0,025), maka H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran pada materi bakteri di SMA Sriguna Palembang. Hasil dari uji hipotesis (Independent Sample T-test) diperoleh nilai sig 2-tailed sebesar 0,014 <½ α (0,025), maka H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran pada materi bakteri di SMA Sriguna Palembang. vii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1 Hendra, S.Pd., M.Si 2. Sulton Nawawi, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Predict Observe Explain (POE), hasil belajar, bakteri
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:08
Last Modified: 13 Mar 2019 03:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3294

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.