RIZKI, 332021005 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL PALEMBANG PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DI KELAS X SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
![]() |
Text
332021005_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
332021005_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
![]() |
Text
332021005_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
![]() |
Text
332021005_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
332021005_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
![]() |
Text
332021005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
![]() |
Text
332021005_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
332021005_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis budaya lokal Palembang pada materi barisan dan deret aritmatika bagi siswa kelas X SMA, serta menilai kelayakan, kepraktisan, dan dampaknya terhadap hasil belajar. E-modul ini dirancang dengan menyesuaikan konten materi barisan dan deret aritmatika dengan kearifan lokal Palembang. Pengembangan dilakukan menggunakan model ASSURE. Kevalidan e-modul diperoleh melalui penilaian angket pada lembar validasi dan uji coba pada kelompok kecil (small group). Hasil penilaian menunjukkan bahwa e-modul telah memenuhi kriteria valid, baik dari segi materi (isi materi sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran), media (penyajian materi, soal, dan tampilan yang memadukan budaya lokal Palembang), maupun bahasa (menggunakan kalimat komunikatif, sederhana, dan mudah dipahami). Tingkat kepraktisan e-modul terlihat dari respons guru dan siswa pada uji coba field test. Analisis hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 88,33%, yang termasuk kategori baik. Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan memiliki potensi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik secara efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing; 1. Heru, S.Pd., M.Pd. 2. Luvi Antari, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Budaya Lokal Palembang, Modul Elektronik (E-Modul), Barisan dan Deret Aritmatika |
Subjects: | Matematika > Ilmu Hitung Matematika > Logika Simbolik (Logika Matematis) Matematika > Simulasi Matematis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 03:49 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 03:49 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |