Wahyu Pingki Nur Amanah, 332021013 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI STATISTIK di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332021013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (906kB) | Preview |
|
![]() |
Text
332021013_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
|
![]() |
Text
332021013_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
|
![]() |
Text
332021013_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
332021013_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
![]() |
Text
332021013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
![]() |
Text
332021013_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
![]() |
Text
332021013_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva pada materi Statistik di Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran dalam bentuk presentasi, poster, serta lembar kerja peserta didik interaktif. Hasil validasi ahli menunjukkan tingkat kevalidan sangat tinggi, dengan nilai rata-rata: validasi materi sebesar 100% (sangat valid), validasi bahasa 91,41% (sangat valid), dan validasi media 96% (valid). Uji coba terbatas kepada 30 siswa SMA Bina Jaya Palembang menunjukkan respon positif, dengan skor kepraktisan rata-rata 88,3% (praktis). Respon siswa juga menunjukkan peningkatan motivasi, minat, serta pemahaman terhadap konsep diagram batang, garis, dan lingkaran. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Canva dapat dijadikan alternatif inovatif dan efektif dalam pembelajaran Matematika, khususnya pada materi Statistik, karena terbukti valid, praktis, dan mampu meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Muslimin, M.Pd 2. Rieno Septra Nery, S.Si, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Canva, media pembelajaran, ADDIE, Statistik, SMA |
Subjects: | Matematika > Matematika Statistik |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 04:39 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 04:39 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |