PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI STATISTIK di SMA

Wahyu Pingki Nur Amanah, 332021013 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI STATISTIK di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332021013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (906kB) | Preview
[img] Text
332021013_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
332021013_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
332021013_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
332021013_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
332021013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
332021013_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
332021013_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva pada materi Statistik di Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran dalam bentuk presentasi, poster, serta lembar kerja peserta didik interaktif. Hasil validasi ahli menunjukkan tingkat kevalidan sangat tinggi, dengan nilai rata-rata: validasi materi sebesar 100% (sangat valid), validasi bahasa 91,41% (sangat valid), dan validasi media 96% (valid). Uji coba terbatas kepada 30 siswa SMA Bina Jaya Palembang menunjukkan respon positif, dengan skor kepraktisan rata-rata 88,3% (praktis). Respon siswa juga menunjukkan peningkatan motivasi, minat, serta pemahaman terhadap konsep diagram batang, garis, dan lingkaran. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Canva dapat dijadikan alternatif inovatif dan efektif dalam pembelajaran Matematika, khususnya pada materi Statistik, karena terbukti valid, praktis, dan mampu meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Muslimin, M.Pd 2. Rieno Septra Nery, S.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Canva, media pembelajaran, ADDIE, Statistik, SMA
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2025 04:39
Last Modified: 06 Sep 2025 04:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32933

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.