Natalia Sarah, NIM. 332021012 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENGENALKAN KONSEP BANGUN RUANG DENGAN DESAIN RUMAH LIMAS SUMATERA SELATAN DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332021012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (326kB) | Preview |
|
![]() |
Text
332021012_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
![]() |
Text
332021012_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
![]() |
Text
332021012_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
|
![]() |
Text
332021012_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
|
Text
332021012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (113kB) | Preview |
|
![]() |
Text
332021012_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
332021012_Cover_sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Untuk Mengenalkan Konsep Bangun Ruang Dengan Desain Rumah Limas Sumatera Selatan di Sekolah Dasar Abstrak Matematika merupakan salah satu mata pelajaran utama di sekolah dasar, namun konsep bangun ruang seringkali sulit dipahami karena bersifat abstrak dan kurangnya media pembelajaran yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dengan desain rumah limas Sumatera Selatan yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode Development Research dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V SD Negeri 2 Lingkis. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik, serta uji efek potensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media AR ini memiliki tingkat validitas sangat tinggi, dengan persentase 97,5% dari ahli materi dan 90,27% dari ahli media. Dari sisi kepraktisan, respon guru memperoleh persentase 93,05% (sangat praktis) dan respon peserta didik 77,50% (praktis). Sementara itu, uji efek potensial menghasilkan skor 79,00% (cukup baik). Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran AR berbasis rumah limas Sumatera Selatan dinyatakan layak digunakan sebagai media inovatif dalam pembelajaran Matematika di sekolah dasar karena terbukti valid, praktis, dan memiliki efek potensial positif. Kata kunci: Augmented Reality, Bangun Ruang, Rumah Limas Sumatera Selatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Drs. Syaifudin., M.Pd. 2. Luvi Antari, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Augmented Reality, Bangun Ruang, Rumah Limas Sumatera Selatan |
Subjects: | Matematika > Analisis Matematika > Ilmu Hitung Matematika > Ilmu Ukur (Geometri) Matematika > Logika Simbolik (Logika Matematis) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 03:33 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 03:34 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |