Jussi Agustine, Nim. 342014080 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA KELAS X IPA DI KECAMATAN TALANG UBI PADA MATERI VIRUS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342014080_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (729kB) | Preview |
|
Text
342014080_ BAB II_ SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan Berpikir Kritis peserta didik kelas X IPA di Kecamatan Talang Ubi pada materi Virus. Jenis penelitian deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi seluruh peserta didik kelas X IPA di Kecamatan Talang Ubi. Sampel yang digunakan kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Talang Ubi, SMA Negeri 2 Unggulan Talang Ubi dan SMA YKPP Pendopo. Teknik pengambilan data secara purposive sampling, memilih berdasarkan rekomendasi dari pendidik yang memiliki nilai akademik tertinggi. Pengambilan data menggunakan soal kemampuan berpikir kritis yang menggunakan indikator Facione yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan pengaturan diri. Hasil penelitian Kemampuan Berpikir Kritis di Kecamatan Talang Ubi dapat dikategorikan rendah dengan nilai persentase sebesar 59,26%. Untuk jumlah rata-rata indikator yang didapatkan di Kecamatan Talang Ubi yaitu: indikator interpretasi memiliki persentase sebesar 87,94%, indikator analisis sebesar 60,27%, indikator evaluasi sebesar 45,52%, indikator inferensi sebesar 52,83%, indikator eksplanasi sebesar 40,00% dan indikator pengaturan diri sebesar 69,01%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Drs. Nizkon, M.Si. 2. Sulton Nawawi, S.Pd.,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis, kemampuan berpikir kritis, dan materi virus |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 13 Mar 2019 02:28 |
Last Modified: | 13 Mar 2019 02:28 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3287 |
Actions (login required)
View Item |