PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH DAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Muhammad Tazzudin Annur, 622020047 (2024) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH DAN AKHLAK DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622020047_BAB I_DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622020047_BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
622020047_BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
622020047_BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
622020047_BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
622020047_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
622020047_LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
622020047_Cover_sampai_Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Aqidah Dan Akhlak Di SMP Muhammdiyah 1 Palembang Skiripsi ini membahas perihal penerapan Kurikilum Merdeka Dalam pembelajaran Aqidah Dan Akhlak. Lokasi yang di pilih adalah SMP Muhammadiyah 1 Palembng ,fokus peneliti ini terdapat pada tiga hal,yaitu : 1). Bagaimana cara penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran aqidah dan akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Palembang, 2). Bagaimana problematika yang dihadapi oleh para guru dalam proses pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran aqidah dan akhlak di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Jenis penelitian ini jika dilihat dari pendekatan analisisnya, peneliti ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriftif analisis dengan tujuan untuk menggambarkan hal-hak yang ditemukan di lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya dimulai mereduksi data yang dikumpulkan, kemudian disajikan dalam bentuk naratif, dan terakhir ditarik sebuah kesimpulan. Temuan utama dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa proses pembelajaran yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 1 Palembang terbagi menjadi tiga. Satu. Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran aqidah dan akhlak saja memiliki peran penting dalam pendidikan, tetapi masih banyak kekurangan dalam dari tenaga kerja maupun siswa yang penjadi penerima. Dua. Dengan adanya penerapan kurikulum merdeka, proses dalam pembelajaran memudahkan kepada tenaga kerja untuk menyampaikan pembelajaran, yang mana telah di terapkan oleh pemerintahan tentang profil brlajar pancasila. Tiga. Dalam hal penerpan kurikulum merdeka juga memiliki sesuatu prolematika yang mana minimnya fasilitas yang ada dalam sekolah dan kurang nya pengertian dari siswa dalam proses penerapan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Jamalludin, S.Ag., M.Pd.I Dr. Ahmad Jumhan,S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Aqidah Dan Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:37
Last Modified: 04 Sep 2025 03:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32840

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.