PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPEAKING TEAM TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MATERI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALEMBANG

SITI MARIANI, NIM.312021038 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPEAKING TEAM TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MATERI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312021038_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312021038_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
312021038_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
312021038_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
312021038_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
312021038_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
312021038_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
312021038_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
312021038_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu ketererampilan bahasa yang harus dikuasi siswa, karena kompetensi tererampilan berbicara adalah komponen terpenting dalam tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia Tujuan penelitian berisi uraian tentang masalah yang hendak dipecahkan melalui penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Model Pembelajaran Speaking Team terhadap keterampilan berbicara siswa pada materi teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan memberikan tes uraian pretest dan posttes, pemberian angket kepada peserta didik dan pemberian wawancara kepada guru Bahasa Indonesia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.1 dan X.B SMA Negeri 4 Palembang, Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Speaking Team memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 4 Palembang, khususnya dalam pembelajaran berbicara teks eksplanasi. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji statistik yang menunjukkan nilai thitung lebih besar atau sama dengan ttabel pada taraf signifikansi 5%, yaitu 2,81 ≥ 2,00 dengan derajat kebebasan (dk) 80. Temuan ini didukung oleh perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, di mana kelas kontrol memperoleh nilai akhir sebesar 75,4 sedangkan kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata 78,2. Adapun saran dalam penelitian ini, Siswa kelas X SMA Negeri 4 Palembang diharapkan dapat lebih aktif dan berkomitmen dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam mengasah keterampilan berbicara teks eksplanasi, Guru Bahasa Indonesia disarankan untuk memilih serta menerapkan model, metode, atau media pembelajaran yang tepat dan inovatif, seperti model Speaking Team, guna meningkatkan efektivitas pembelajaran berbicara di kelas, danPihak sekolah diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menyediakan fasilitas dan sarana penunjang yang memadai, terutama yang berkaitan dengan pembelajaran berbicara, agar tercipta lingkungan belajar yang kondusif dan interaktif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :1. Drs. H. Refson, M.Pd. 2. Dra. Mulyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Speaking Team, Kertampilan Berbicara
Subjects: Bahasa Indonesia > Esai
Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2025 01:37
Last Modified: 04 Sep 2025 01:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32831

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.