EKA WULANDARY, NIM.312021035 (2025) ANALISIS LINGUISTIK FORENSIK DALAM DIALOG KARAKTER TOKOH UTAMA PADA FILM “ VICENZO ’’ DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312021035_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (327kB) | Preview |
|
![]() |
Text
312021035_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
![]() |
Text
312021035_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
![]() |
Text
312021035_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
![]() |
Text
312021035_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
![]() |
Text
312021035_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
![]() |
Text
312021035_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
![]() |
Text
312021035_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
312021035_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam bentuk dan fungsi bahasa yang digunakan oleh tokoh utama, Vincenzo Cassano, dalam serial drama Korea Vincenzo melalui pendekatan linguistik forensik. Kajian ini secara khusus berfokus pada tiga aspek utama, yaitu pilihan kata struktur kalimat dan strategi komunikasi yang digunakan dalam dialog. Ketiga aspek tersebut dipandang sebagai indikator penting yang dapat merepresentasikan identitas, kekuasaan, serta intensi hukum dan kriminal yang terkandung dalam tuturan tokoh utama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana forensik. Data penelitian diambil dari lima episode pertama serial Vincenzo melalui teknik dokumentasi dan observasi nonpartisipatif. Seluruh dialog Vincenzo Cassano dalam episode-episode tersebut ditranskripsi secara verbatim, kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi pola kebahasaan yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa oleh tokoh utama mencerminkan praktik komunikasi yang kompleks dalam konteks hukum, kriminalitas, dan interaksi sosial. Bahasa yang digunakan tidak hanya berfungsi sebagai sarana pertukaran informasi, tetapi juga menjadi instrumen dominasi, ekspresi psikologis, dan pengendalian dalam relasi sosial. Pilihan kata yang digunakan sering kali memuat unsur persuasi, intimidasi, dan sindiran yang secara implisit menegaskan posisi kekuasaan tokoh. Struktur kalimat yang digunakan bervariasi, meliputi bentuk deklaratif untuk menyatakan fakta atau keyakinan, bentuk interogatif untuk menggali informasi atau menekan lawan bicara, dan bentuk imperatif untuk memberi perintah secara langsung maupun terselubung. Relevansi penelitian ini terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah terletak pada pemanfaatan teks otentik berbasis drama sebagai media pembelajaran analisis bahasa. Melalui materi seperti ini, siswa dapat dilatih untuk menganalisis makna, mengidentifikasi gaya bahasa, dan memahami fungsi sosial dari suatu tuturan. Kegiatan pembelajaran berbasis analisis dialog drama juga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, khususnya dalam mengaitkan bentuk bahasa dengan konteks penggunaannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Prof. Dr. Houtman, M.Pd. 2. Dra. Mulyati, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: linguistik forensik, dialog, Vincenzo, strategi komunikasi, pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Drama Bahasa Indonesia > Linguistik Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 03:45 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 03:45 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |