ANZELIA DEWI ANJHANI, NIM. 312020021 (2025) PENGARUH APLIKASI COMIC STRIP CREATOR TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312020021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (387kB) | Preview |
|
![]() |
Text
312020021_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
![]() |
Text
312020021_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
![]() |
Text
312020021_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
![]() |
Text
312020021_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
![]() |
Text
312020021_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
![]() |
Text
312020021_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
![]() |
Text
312020021_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
312020021_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berlokasi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif. Pada penelitian kuantitatif ini, dilakukan pengujian eksperimen dan kontrol. Kelas yang dipakai pada penelitian yaitu Kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol. Metode ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh aplikasi ini terhadap keterampilan bercerita peserta didik pada pembelajaran teks cerita pendek kelas XI A dan XI B di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini juga menggunakan tes angket dan wawancara yang mana hasil tes angket dan wawancara diperoleh ketika berlangsungnya kegiatan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh aplikasi Comic Strip Creator terhadap keterampilan bercerita peserta didik. Hasil analisis data angket, diketahui bahwa peserta didik kelas XI A dan XI B secara kesuluruhan sudah pernah mempelajari tentang pembelajaran teks cerita pendek dan merasa bahwa mempelajari teks cerita pendek adalah hal yang menyenangkan. Dari hasil analisis wawancara guru Bahasa Indonesia kelas XI diketahui bahwa guru berpedoman pada kurikulum merdeka yang berlaku saat ini. Selanjutnya, Pada kelompok eksperimen diketahui bahwa rata rata nilai pretest adalah 69,73 dan skor rata-rata posttest adalah 86,2 yang berarti terjadi peningkatan sebesar 16,47 sehingga dapat diketahui pretest dan posttest kelompok eksperimen terjadi peningkatan yang signifikan. Sedangkan kelompok kontrol, diketahui skor rata-rata awal adalah 69,51 dan skor rata-rata akhir adalah 81,03 yang berarti terjadi peningkatan sebesar 11,52 sehingga dapat diketahui pretest dan posttest kelompok kontrol terjadi peningkatan yang hanya sedikit. Berdasarkan pengujian statistik menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 2,782 dan sig sebesar 0,002 sedangkan ttabel dengan t tarAhmad Fahri signifikansi 5% dan derajat bebas (df) = 58 sebesar 1,391. Dapat dilihat bahwa thitung > ttabel dan sig < 0,05 yang berarti ada pengaruh penggunaan media aplikasi Comic Strip creator terhadap keterampilan bercerita peserta didik pada pembelajaran Text Cerita pendek kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Palembang tahun ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd. 2. Dr. H. Gunawan Ismail, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Comic Strip Creator, cerita pendek |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Esai Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 02:00 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:00 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |