RISKA DWI APRILIA, NIM. 622021013 (2025) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PERILAKU SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622021013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version Download (397kB) | Preview |
|
![]() |
Text
622021013_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
![]() |
Text
622021013_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
![]() |
Text
622021013_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
![]() |
Text
622021013_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
![]() |
Text
622021013_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
![]() |
Text
622021013_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
|
![]() |
Text
622021013_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Riska Dwi Aprilia, Nim 622021013, Skripsi dengan judul Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru PAI Terhadap Perilaku Siswa Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Menyadari akan pentingnya kecerdasan emosional untuk menunjang perilaku siswa, maka pengetahuan tentang kecerdasan emosional penting untuk dimiliki oleh setiap guru, dimana Pendidikan Guru PAI menjadi sangat penting untuk membentuk perilaku siswa. Faktanya kecerdasan emosional sangat berkaitan dengan moral dan sikap yang akan siswa temui dilingkungannya, baik teman sebaya, pendidik, orang tua, dan masyarakat sekelilingnya. Supaya siswa bisa mengedepakan moral dan perilaku yang baik maka diperlukan juga pendidik yang memiliki kecerdasan emosional yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengearuh kecerdasan emosional Guru PAI terhadap perilaku siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan melalui metode kuesioner (angket) dimana peneliti menyebarkan angket kepada siswa kelas X TJKT 1 yang berjumlah 31 siswa untuk menjawab angket (kuesioner), kemudian melakukan wawancara kepada Guru PAI yang ada di SMK Muhammadiyah 2 palembang, kemudian melakukan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS versi 26 untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kecerdasan emosional guru terhadap perilaku siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,304. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X memberikan kontribusi sebesar 30,4% terhadap variabel Y. Artinya, 30,4% variasi yang terjadi pada variabel Y dapat dijelaskan oleh variabel X, sedangkan sisanya sebesar 69,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dra. Yuslaini, M.Pd. 2. Dr. Ahmad Jumhan, S. Ag., M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pendidikan, Kecerdasan Emosional, Perilaku siswa |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Administrasi Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:24 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:24 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |