PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA METERI MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA SMA AISYIYAH 1 PALEMBANG

DELA AGUSTIRA, NIM.312021020 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA METERI MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA SMA AISYIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312021020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview
[img] Text
312021020_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
312021020_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
312021020_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
312021020_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
312021020_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
312021020_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
312021020_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
312021020_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa dalam menulis teks biografi di SMA Aisyiyah 1 Palembang, yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap makna kata dalam konteks, kesulitan dalam menyusun bahan ajar biografi, serta penggunaan model pembelajaran konvensional yang cenderung membuat siswa pasif dan tidak bersemangat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran (TAPPS) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis siswa kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang berjumlah 56 siswa, dan sampel diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling, yaitu kelas X.A yang berjumlah 28 siswa. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal (Sig. Kolmogorov-Smirnov pretest 0.125, posttest 0.150; Sig. Shapiro-Wilk pretest 0.070, posttest 0.280, semua > 0.05). Uji homogenitas menunjukkan varians data homogen (Levene Statistic 0.299, Sig. 0.587 > 0.05). Uji hipotesis (uji t sampel berpasangan) menunjukkan nilai Signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0.000 (< 0.05), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Model Pembelajaran (TAPPS) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis siswa SMA Aisyiyah 1 Palembang. Peningkatan hasil belajar, meskipun dalam kategori sedang berdasarkan analisis N-Gain, membuktikan efektivitas model TAPPS dalam menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan partisipatif, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk mengimplementasikan model TAPPS secara konsisten, dan bagi siswa diharapkan dapat lebih aktif berpartisipasi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. Mustofa, M.Pd 2. Drs. H. Refson, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: TAPPS, hasil belajar
Subjects: Bahasa Indonesia > Esai
Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 30 Aug 2025 04:15
Last Modified: 30 Aug 2025 04:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32782

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.