RELIN ANDINI, NIM. 312021018 (2025) PENGEMBANGAN CERPEN HASIL KETERAMPILAN MENULIS SASTRA MODERN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 35 PALEMBANG MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312021018_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (485kB) | Preview |
|
![]() |
Text
312021018_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
![]() |
Text
312021018_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
![]() |
Text
312021018_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
|
![]() |
Text
312021018_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
![]() |
Text
312021018_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
![]() |
Text
312021018_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
![]() |
Text
312021018_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
312021018_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan keterampilan menulis sastra modern, khususnya cerpen, serta keterbatasan media pembelajaran yang mendorong kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas metode pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas VIII. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R\&D) model Borg and Gall dengan subjek siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Palembang. Kelas VIII.5 (32 siswa) ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan VIII.6 (31 siswa) sebagai kelas kontrol. Validasi dilakukan oleh dua ahli. Ahli model pembelajaran memberikan skor 80% (layak) pada tahap I dan 86% (sangat layak) pada tahap II. Ahli materi memberikan skor 76,6% (layak) pada tahap I dan 91,6% (sangat layak) pada tahap II. Uji coba kelompok kecil terhadap enam siswa memperoleh rata-rata 73,3%. Hasil tes menunjukkan peningkatan signifikan keterampilan menulis cerpen. Pada kelas eksperimen, nilai rata-rata pretest 60,3 meningkat menjadi 73,7 pada posttest dengan persentase akhir 74,6%. Pada kelas kontrol, nilai rata-rata pretest 61,1 meningkat menjadi 77,7 pada posttest dengan persentase akhir 73,1%. Dengan demikian, pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa secara lebih aktif, kreatif, dan terstruktur.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pengembangan, cerpen, sastra modern, keterampilan menulis, pembelajaran berbasis proyek. |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Esai Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 04:03 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 04:03 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |