IDA FITRIANI, NIM. 93222009 (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR ELEKTRONIK PERUBAHAN LINGKUNGAN BERBASIS PJBL TERINTEGRASI ETNOEKOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PADA FASE E. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
93222009_BAB I _ DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
93222009_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
![]() |
Text
93222009_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
93222009_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
![]() |
Text
93222009_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
![]() |
Text
93222009_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
![]() |
Text
93222009_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
93222009_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK Fitriani, Ida. 2024. Pengembangan Modul Ajar Elektronik Perubahan Lingkungan Berbasis PjBL Terintegrasi Etnoekologi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Fase E. Program Pascasarjana Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Dr. Marlina Ummas Genisa, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar elektronik perubahan lingkungan berbasis PjBL terintegrasi etnoekologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada fase E. Model penelitian menggunakan 4D mengacu pada Thiagarajan (1974), yaitu define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data berupa angket analisis kebutuhan guru dan peserta didik. Analisis data uji Normalitas, uji Homogenitas, uji Wilcoxon, uji Mann Whitney, dan N-gain. Hasil define bahwa guru dan peserta didik membutuhkan modul ajar elektronik perubahan lingkungan berbasis PJBL terintegrasi etnoekologi karena membantu, memudahkan peserta didik berpikir kritis dan kreatif. Hasil design membuat soal berpikir kritis dan kreatif dan format rancangan modul ajar elektronik. Hasil develop kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dari aspek bahasa 89,58% (kategori sangat baik), aspek materi 94,12% (kategori sangat baik), aspek media 82,86% (kategori sangat baik), aspek perangkat pembelajaran 93,12% (kategori sangat baik) dan aspek evaluasi 80,77% (kategori baik), sehingga perangkat ajar dikategorikan sangat baik. Soal berpikir kritis berjumlah 9 dikatakan valid dengan reliabilitas 0,745 kategori sangat baik. Hasil disseminate uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney, yaitu ada perbedaan antara hasil belajar peserta didik pretest-posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kepraktisan perangkat ajar dikategorikan praktis oleh guru dengan persentase 86,90% dan bahan ajar dapat terbaca dengan sangat baik oleh peserta didik persentase 82,44%. Efektivitas modul ajar elektronik berbasis PjBL terintegrasi etnoekologi lebih mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif daripada bahan ajar PJBL tanpa etnoekologi, dimana nilai N-gain kelas kontrol 0,47 dan kelas eksperimen 0,77 untuk keterampilan berpikir kritis sedangkan untuk keterampilan berpikir kreatif nilai N-gain kelas kontrol 0,46 dan kelas eksperimen 0,78. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, kreatif, Modul Ajar Elektronik, Perubahan Lingkungan, Project-Based Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: (1) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (II) Dr. Marlina Ummas Genisa, M.Sc. |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, kreatif, Modul Ajar Elektronik, Perubahan Lingkungan, Project-Based Learning. |
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi (S2) |
Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 06:11 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 06:11 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |