Siti Nurhayati, nim. 93222014 (2025) PENGEMBANGAN LKPD EKOSISTEM BUATAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING KELAS X UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN LITERASI LINGKUNGAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
93224014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
Tesis_Siti Nurhayati_93222014 _ BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
|
![]() |
Text
Tesis_Siti Nurhayati_93222014 _ BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
![]() |
Text
Tesis_Siti Nurhayati_93222014 _ BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
![]() |
Text
Tesis_Siti Nurhayati_93222014 _ DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
![]() |
Text
Tesis_Siti Nurhayati_93222014_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
![]() |
Text
Tesis_Siti Nurhayati_93222014 _ LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
![]() |
Text
Tesis_Siti Nurhayati_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Nurhayati, Siti. 2025. Pengembangan LKPD ekosistem buatan berbasis inkuiri terbimbing kelas X untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan literasi lingkungan. Program pascasarjana pendidikan biologi strata II Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr Wulandari Saputri, M.Pd (II) Dr. Melia Astriani, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ekosistem buatan berbasis inkuiri terbimbing untuk peserta didik kelas X, dengan fokus pada peningkatan hasil belajar dan literasi lingkungan yang valid, praktis dan efektif. Populasi penelitian berjumlah 105 peserta didik dengan sampel penelitian berjumlah 35 peserta didik kelas X1 di SMA Puspita Kecamatan Air Kumbang. Model penelitian menggunakan 4D yang mengacu pada Thiagarajan, yaitu define, design, develop dan disseminate. LKPD yang dikembangkan dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran inkuiri terbimbing, yang melibatkan identifikasi masalah, perumusan hipotesis, observasi, eksperimen, pengolahan data, dan pengujian hipotesis. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuisioner/angket, dan dokumentasi. Analisis data di uji menggunakan uji N-gain. Valid dengan rerata sebesar 95,84% kualifikasi sangat baik. Praktis dengan nilai sebesar 94,55% oleh peserta didik dan 95.13% hasil penilaian oleh guru. Praktis dengan pencapain N-gain hasil belajar kognitif sebesar 0,72 dan 0,77 untuk literasi lingkungan. Hasil define bahwa guru dan peserta didik membutuhkan LKPD ekosistem buatan berbasis inkuiri terbimbing karena membantu memudahkan peserta didik meningkatkan hasil belajar kognitif dan literasi lingkungan. Hasil design LKPD yang dikemas menggunakan canva untuk penilaian kognitif dan literasi lingkungan peserta didik. Hasil develop melalui pengujian kelayakan LKPD ditinjau dari beberapa aspek. Validasi aspek bahasa mencapai 97,50% (kategori sangat baik), validasi aspek materi sebesar 89,41% (kategor ibaik), validasi aspek media sebesar 97% (kategori sangat baik), validasi aspek perangkat pembelajaran sebesar 96,15% (kategori sangat baik), dan validasi aspek evaluasi sebesar 99,16% (kategori sangat baik). Dengan demikian, produk bahan ajar LKPD dikategorikan sangat baik. Selanjutnya Validitas dan Reliabilitas sepuluh soal untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik dinyatakan valid dan reliable karena nilai Cronbach Alpha (0,59) lebih besar dari r tabel (0,33). Kemudian hasil uji coba skala terbatas menunjukkan bahwa keterbacaan bahan ajar oleh peserta didik mencapai 95,45% (kategori sangat tinggi). Selain itu, uji keterlaksanaan pembelajaran oleh guru terhadap LKPD yang dikembangkan mencapai 91,67% (kriteria sangat efektif), serta hasil uji kepraktisan dan efektifitas menunjukkan N-gain hasil belajar sebesar 0,72 dan 0,77 literasi lingkungan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar LKPD ekosistem buatan berbasis inkuiriter bimbing sangat praktis dan efektif dalam proses pembelajaran. vii Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Literasi Lingkungan, LKPD Ekosistem Buatan, Inkuiri Terbimbing
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi (S2) |
Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 06:56 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 06:56 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |