STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SD MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG

MALIDA, NIM. 95223015 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SD MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
95223015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
95223015_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
95223015_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
95223015_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
95223015_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
95223015_BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
95223015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
95223015_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
95223015_FULL_TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis yang berjudul Strategi Pengembangan Nilai Keislaman dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Siswa di SD Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter berbasis nilai- nilai keislaman yang tidak hanya memperhatikan aspek akademik, tetapi juga perkembangan spiritual siswa sebagai bagian integral dari pembentukan kepribadian. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada deskripsi mendalam terhadap fenomena yang diamati. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menemukan pola dan hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan nilai keislaman di SD Muhammadiyah 6 Palembang dilakukan melalui pembiasaan ibadah harian seperti tadarus Al-Quran, sholat dhuha, sholat dzuhur berjamaah, serta integrasi nilai-nilai Islami dalam pembelajaran di kelas. Peran guru sangat dominan dalam memberikan teladan, bimbingan, dan pengarahan kepada siswa agar nilai-nilai tersebut dapat diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Dukungan orang tua juga menjadi faktor penting dalam menunjang keberlanjutan penerapan nilai-nilai keislaman di rumah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan nilai-nilai keislaman berhasil meningkatkan disiplin, kesantunan, dan kepedulian sosial siswa. Evaluasi terhadap efektivitas strategi ini dilakukan melalui pemantauan perilaku siswa, hafalan Al-Quran, serta rapat evaluasi berkala. Meskipun demikian, tantangan seperti konsistensi implementasi strategi dan peningkatan kompetensi guru masih perlu diperhatikan untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan fasilitas, pelatihan guru, serta kolaborasi lebih erat antara sekolah dan keluarga untuk mendukung pembentukan karakter Islami siswa secara berkelanjutan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I: Prof. Dr. Romli SA, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Keislaman, Kecerdasan, dan Spiritual
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:37
Last Modified: 24 Sep 2025 03:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32639

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.