MALIDA, NIM. 95223015 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN NILAI KEISLAMAN DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL SISWA SD MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
95223015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
95223015_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
![]() |
Text
95223015_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
![]() |
Text
95223015_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
![]() |
Text
95223015_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
![]() |
Text
95223015_BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
![]() |
Text
95223015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
![]() |
Text
95223015_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
95223015_FULL_TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tesis yang berjudul Strategi Pengembangan Nilai Keislaman dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Siswa di SD Muhammadiyah 6 Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter berbasis nilai- nilai keislaman yang tidak hanya memperhatikan aspek akademik, tetapi juga perkembangan spiritual siswa sebagai bagian integral dari pembentukan kepribadian. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada deskripsi mendalam terhadap fenomena yang diamati. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menemukan pola dan hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan nilai keislaman di SD Muhammadiyah 6 Palembang dilakukan melalui pembiasaan ibadah harian seperti tadarus Al-Quran, sholat dhuha, sholat dzuhur berjamaah, serta integrasi nilai-nilai Islami dalam pembelajaran di kelas. Peran guru sangat dominan dalam memberikan teladan, bimbingan, dan pengarahan kepada siswa agar nilai-nilai tersebut dapat diinternalisasi dalam kehidupan sehari-hari. Dukungan orang tua juga menjadi faktor penting dalam menunjang keberlanjutan penerapan nilai-nilai keislaman di rumah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan nilai-nilai keislaman berhasil meningkatkan disiplin, kesantunan, dan kepedulian sosial siswa. Evaluasi terhadap efektivitas strategi ini dilakukan melalui pemantauan perilaku siswa, hafalan Al-Quran, serta rapat evaluasi berkala. Meskipun demikian, tantangan seperti konsistensi implementasi strategi dan peningkatan kompetensi guru masih perlu diperhatikan untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan fasilitas, pelatihan guru, serta kolaborasi lebih erat antara sekolah dan keluarga untuk mendukung pembentukan karakter Islami siswa secara berkelanjutan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Prof. Dr. Romli SA, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Suroso PR, S.Ag., M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Keislaman, Kecerdasan, dan Spiritual |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | Mahasiswa Program Pascasarjana |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:37 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 03:37 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |