MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PROSES PENDIDIKAN KEISLAMAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 14 PALEMBANG

SUGIARTI, NIM. 95223011 (2025) MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI PROSES PENDIDIKAN KEISLAMAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 14 PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
95223011_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
95223011_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
95223011_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
95223011_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
95223011_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
95223011_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
95223011_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
95223011_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
95223011_FULL_TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini berjudul "Peran Guru Membangun Karakter Siswa Melalui Pendidikan Keislaman di Sekolah Dasar Muhammadiyah 14 Palembang." Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter berbasis nilai- nilai keislaman dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia, disiplin, dan memiliki kesadaran sosial tinggi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada deskripsi mendalam terhadap fenomena yang diamati. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan narasumber (kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru Al-Islam, dan siswa), serta analisis dokumen dan arsip relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 14 Palembang tercermin dalam aspek moral, akhlak mulia, kepribadian Islami, dan nilai sosial. Strategi yang diterapkan mencakup pembiasaan ibadah harian seperti sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, tadarus Al-Quran, infaq, sedekah, serta integrasi nilai-nilai Islami dalam kegiatan belajar mengajar. Peran guru sangat dominan sebagai pembimbing, teladan, dan motivator dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada siswa melalui keteladanan, nasihat, dan evaluasi perilaku. Dukungan sekolah juga diperkuat melalui program unggulan seperti Tahfidz Al-Quran, Tapak Suci, serta kerja sama dengan orang tua untuk memastikan pembiasaan nilai-nilai keislaman berlanjut di rumah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan nilai-nilai keislaman berhasil meningkatkan kedisiplinan, kesantunan, kepedulian sosial, dan kesadaran spiritual siswa. Evaluasi terhadap efektivitas strategi ini dilakukan melalui pengamatan harian, laporan guru, dan perkembangan sikap siswa. Meskipun demikian, tantangan seperti kurangnya kedisiplinan sebagian siswa, rendahnya kepercayaan diri dalam menyetorkan hafalan, serta pengaruh lingkungan luar masih perlu diatasi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pengawasan, pelatihan guru, serta kolaborasi lebih erat antara sekolah dan keluarga untuk mendukung pembentukan karakter Islami siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing 1: Prof. Dr. Romli SA, M.Ag. Pembimbing 2: Dr. Rulitawati, S.Ag., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Keislaman
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:40
Last Modified: 24 Sep 2025 03:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32638

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.