HUBUNGAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENYIMPANGAN PERILAKU SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BANYUASIN I

SRI AUGUSTIANI, Nim : 95223001 (2025) HUBUNGAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENYIMPANGAN PERILAKU SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BANYUASIN I. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
95223001 Bab 1 - Daftar Pustaka..pdf - Published Version

Download (835kB) | Preview
[img] Text
95223001 Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
95223001 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
95223001 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
95223001 Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
95223001 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
95223001 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
95223001 Cover - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis yang berjudul Hubungan Pemahaman Pendidikan Agama Islam dengan Penyimpangan Perilaku Sosial Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Banyuasin I” ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman pendidikan Agama Islam dengan penyimpangan perilaku sosial siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Banyuasin I. Penelitian ini dilatar belakangi karena Pendidikan Agama Islam berperan penting dalam membentuk karakter dan moral siswa sejak dini, sehingga Sekolah Dasar menjadi wadah utama penanaman nilai-nilai keislaman untuk membentuk perilaku sosial yang baik. Namun, realitas di lapangan menunjukkan masih adanya penyimpangan perilaku sosial di kalangan siswa, seperti tidak jujur, kurangnya rasa hormat terhadap guru, dan berkelahi dengan teman di sekolah. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menganalisis bagaimana pemahaman siswa terhadap Pendidikan Agama Islam berhubungan dengan penyimpangan perilaku sosial yang mereka lakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Banyuasin I. Adapun sampel penelitian berjumlah 46 orang yang terdiri dari siswa kelas VI A dan VI B. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket yang digunakan untuk mendapatkan gambaran hubungan pemahaman pendidikan afana Islam dengan penyimpangan perilaku siswa. Data yang terkumpul di rekapitulasi, kemudian dianalisis dengan rumus statistik yaitu Mean, Standar Deviasi, TSR, dan Persentase. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Product Moment untuk mengetahui hubungan antara dua variable. Setelah dilakukan analisis data maka diketahui bahwa pemahaman agama Islam siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Banyuasin I terkategori sedang, terbukti darui responden yang tergolong dalam kategori tersebut berjumlah 34 orang (73,91 %) dari 46 responden. Sedangkan bentuk penyimpangan perilaku siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Banyuasin I masih tergolong wajar. Dengan demikian, penyimpangan perilaku siswa perlu diminimalkan dengan cara dinasehati dan dibimbing dengan cara meningkatkan pemahaman siswa terhadap pendidikan Agama Islam dengan baik. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara Variabel X (Pemahaman Pendidikan Agama Islam) terhadap Variabel Y (Penyimpangan Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Banyuasin I bahwa ada hubungan pemahaman Pendidikan Agama Islam dengan penyimpangan Perilaku Sosial siswa. Hal ini terbukti dari “rxy” Product moment = 0,379 dengan “r”tabel signifikan 5%= 0,291 dan 1 %= 0, 376. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai efektivitas pendidikan agama dalam membentuk perilaku siswa serta menjadi bahan evaluasi dalam meningkatkan metode pembelajaran PAI di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Ani Aryani, S. Ag. M.Pd. I 2. Dr. Azwar Hadi, S. Ag. M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pemahaman Pendidikan Agama Islam, Penyimpangan Perilaku Sosial, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Dwi Augustiana
Date Deposited: 22 Jul 2025 05:10
Last Modified: 22 Jul 2025 05:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32604

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.