Efiza Kurniasari, NIM. 342021014 (2025) DESAIN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI BAKTERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI MAHASISWA STRATA 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
342021014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
342021014_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
|
![]() |
Text
342021014_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
|
![]() |
Text
342021014_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
342021014_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
![]() |
Text
342021014_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
![]() |
Text
342021014_LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
![]() |
Text
342021014_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Modul elektronik merupakan bahan ajar yang berbentuk digital dilengkapi dengan fitur-fitur interaktif yang dapat memudahkan mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan. Modul ini terdiri dari rangkaian kegiatan pembelajaran yang terstruktur untuk membantu mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran secara individual. Kebutuhan akan media pembelajaran inovatif di era digital, serta tuntutan penguasaan keterampilan abad ke-21 seperti kolaborasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah modul elektronik berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi bakteri untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi mahasiswa strata 1. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), namun hanya dilakukan pada tahap define dan design. Produk yang dikembangkan berupa modul elektronik yang didesain menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine Flipbook, dengan mencakup lima pokok bahasan, yaitu keanekaragaman, morfologi, reproduksi dan fase pertumbuhan, metabolisme, serta genetika bakteri. Setiap bab terintegrasi model PBL yang dirancang untuk memfasilitasi keterlibatan aktif mahasiswa melalui diskusi, kerja kelompok, dan presentasi, sehingga mendukung pengembangan keterampilan kolaborasi dan komunikasi. Modul ini juga menyajikan media pembelajaran berupa visual, audiovisual, interaktif dan media nyata seperti alat dan bahan praktikum. Hasil validasi awal oleh validator media dan materi menunjukkan bahwa modul ini layak dengan revisi. Kata kunci: modul elektronik, problem based learning, bakteri, kolaborasi, komunikasi, mahasiswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Sri Wardhani, M.Si. 2. Dr. Meli Astriani, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | modul elektronik, problem based learning, bakteri, kolaborasi, komunikasi, mahasiswa komunikasi, mahasiswa |
Subjects: | Biologi > Bakteriologi Dokumen FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:13 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:13 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |