EFEKTIVITAS KONTRAK PERJANJIAN VLOGGER KULINER (FOOD VLOGGER) DALAM MENGATUR PEMBAYARAN EXPOSURE DI MEDIA SOSIAL

Ilana Nanda Putri, Nim : 502021208 (2025) EFEKTIVITAS KONTRAK PERJANJIAN VLOGGER KULINER (FOOD VLOGGER) DALAM MENGATUR PEMBAYARAN EXPOSURE DI MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502021208_BAB I _ DAFTAR _ PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502021208_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
502021208_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
502021208_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
502021208_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
502021208_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502021208_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS KONTRAK PERJANJIAN VLOGGER KULINER (FOOD VLOGGER) DALAM MENGATUR PEMBAYARAN EXPOSURE DI MEDIA SOSIAL ILANA NANDA PUTRI Di era digital, food vlogger menjadi profesi yang semakin populer dan berperan penting dalam industri kuliner. Melalui platform media sosial, mereka memberikan ulasan makanan yang dapat mempengaruhi preferensi dan keputusan konsumen. Seiring dengan meningkatnya peran food vlogger, banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memanfaatkan jasa mereka untuk meningkatkan visibilitas produk. Namun, kurangnya kejelasan dalam kontrak perjanjian sering kali menyebabkan perselisihan dan kasus wanprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kontrak antara food vlogger dan UMKM dalam mengatur pembayaran exposure di media sosial dari perspektif hukum kontrak di Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian normatif kualitatif, penelitian ini mengkaji ketentuan hukum yang mengatur perjanjian tersebut serta faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kontrak sangat dipengaruhi oleh kejelasan perjanjian, mekanisme penyelesaian sengketa, serta dinamika media sosial yang dapat mempengaruhi eksposur bisnis. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan penggunaan kontrak tertulis yang lebih terstruktur guna memberikan perlindungan hukum bagi kedua belah pihak dan mengurangi risiko wanprestasi. Kata Kunci: Food Vlogger, Kontrak Perjanjian, UMKM, Media Sosial, Wanprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Yudistira Rusydi, S.H., M.Hum 2. Syahriati Fakhriah S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Food Vlogger, Kontrak Perjanjian, UMKM, Media Sosial,Wanprestasi.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 10 Jun 2025 05:09
Last Modified: 10 Jun 2025 05:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32266

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.