MUHAMMAD DZAKY SAPUTRA, NIM. 622021076 (2025) ANALISIS KESIAPAN GURU SD N 248 PALEMBANG DALAM MENGHADAPI TRANSFORMASI DIGITAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.
|
Text
622021076_BAB 1_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (581kB) | Preview |
|
![]() |
Text
622021076_BAB II.PDF..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
622021076_BAB III.PDF..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
622021076_BAB IV.PDF..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
622021076_BAB V.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
622021076_DAFTAR PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
622021076_LAMPIRAN.PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (635kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
622021076_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Nama: Muhammad Dzaky Saputra., Nim : 622021076., Judul Skripsi”Analisis Kesiapan Guru SD Negeri 248 Palembang Dalam Menghadapi Transformasi Digital. Rumusan Masalah: 1. Bagaimana pemahaman Guru SD N 248 Palembang terkait teknologi digital dalam mendukung proses pembelajaran. 2. Bagaimana tingkat keterampilan guru SD N 238 Palembang dalam menggunakan teknologi pendidikan. 3. Bagaimana strategi yang telah dilakukan Guru SD N 248 Palembang dalam meningkatkan kompetensi digital mereka dalam menghadapi transformasi digital. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, yaitu penelitian yang hasilnya berupa data deskriptif, yaitu kata-kata atau perilaku dari subjek yang diamati, dengan cara mengumpulkan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun konsep teori yang dipakai dalam penelitian ini, yaitu teori analisis transformasi digital Model Technologi Readiness(TR), Model Digital Literacy(DL) dan Model Organizational Readinnes(OR). Transformasi digital dalam pendidikan telah membawa perubahan signifikan, khususnya di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD), dengan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mempengaruhi cara pembelajaran disampaikan dan diakses. Dalam hal ini Guru di SD N 248 Palembang sebagai garda terdepan pendidikan dituntut untuk menguasai teknologi dan menyesuaikan metode pembelajaran agar lebih efektif dan relevan dengan perkembangan zaman. Pemahaman, keterampilan dan juga strategi guru adalah hal yang sangat penting sebagai bagian dari kesiapan Guru SD Negeri 248 Palembang dalam menghadapi Transformasi Digital Dari penelitian yang berjudul Analisis Kesiaan Guru SD Negeri 248 Palembang, terdapat kesimpulan bahwa : 1. .Pemahaman guru terhadap teknologi digital menunjukkan sikap yang sangat positif. Guru-guru di SD Negeri 248 Palembang telah memahami pentingnya teknologi dalam mendukung proses pembelajaran, terutama setelah pandemi Covid-19. Banyak guru yang menyatakan bahwa teknologi tidak hanya memudahkan mereka dalam proses pembelajaran, tetapi juga memberikan ruang bagi kreativitas dalam mengajar. Keinginan untuk terus mengeksplorasi kemajuan teknologi, bahkan oleh guru yang sudah berusia lebih matang, menunjukkan tingkat optimism dan inovasi yang tinggi. 2. Dalam hal keterampilan digital, para guru di SD Negeri 248 Palembang sudah menunjukkan kemampuan yang cukup baik dalam memanfaatkan berbagai perangkat digital untuk pembelajaran. Para guru sudah memanfaatkan aplikasi seperti Google Form, Google Classroom, Canva, dan lain-lain untuk mendukung proses pengajaran. 3. Terkait dengan strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kompetensi digital guru, temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat berbagai upaya seperti berbagi informasi antar sesama guru dan mengikuti pelatihan mandiri atau melalui komunitas belajar (Kombel), dukungan formal dari sekolah dalam bentuk pelatihan khusus dan kebijakan yang mendorong penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran masih sangat terbatas. Sekolah belum memiliki program pelatihan terstruktur yang dapat mendukung peningkatan kompetensi digital guru secara lebih intensif. Dukungan kepelatihan yang ada umumnya berasal dari pemerintah. Kata Kunci : Kesiapan, Transformasi, Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dra Yuslaini M.Pd 2. Yuniar Handayani., S.H.,M.H |
Uncontrolled Keywords: | PENDIDIKAN, ISLAM, DIGITAL |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Administrasi |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 06:15 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 06:15 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/32229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |