ANDINI MEYLIANCE SAPUTRI, NIM. 622021048 (2025) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam(PAI) dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui metode ceramah di SD Negeri 04 Rambang Niru. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
622021048_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
622021048_BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
![]() |
Text
622021048_BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
![]() |
Text
622021048_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) |
|
![]() |
Text
622021048_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
![]() |
Text
622021048_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
![]() |
Text
622021048_LAMPIRAN-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
|
![]() |
Text
622021048_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Andini Meyliance Saputri. 622021048. Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Ceramah di SD Negeri 04 Rambang Niru. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing I Dr.Sayyid Habiburrahman.,M.Pd.I dan Pembimbing II Titin Yeni,S.Ag.,M.Hum. Bidang pendidikan merupakan salah satu pilar dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Proses pendidikan menunjukkan melibatkan kegiatan yang berkaitan dengan belajar mengajar, dengan mempertimbangkan semua faktor dan situasi yang relevan. Oleh karena itu, sangat jelas bahwa tujuan Guru Pendidikan Agama Islam adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Yang Dilakukan Guru PAI dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Ceramah di Sekolah Dasar Negeri 04 Rambang Niru, Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 04 Rambang Niru, Faktor yang Mendukung dan Menghambat Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Ceramah di Sekolah Dasar Negeri 04 Rambang Niru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang dimana pendekatan ini digunakan berdasarkan penelitian yang berada di lapangan dan data yang dikumpulkan melalui obervasi,wawancara dan dokumentasi.Informan dalam penelitian ini adalah Guru Agama Islam,Guru Wali Kelas VI dan Siswa-Siswi Kelas VI di SD Negeri 04 Rambang Niru Hasil Penelitian Menunjukkan Metode ceramah dapat efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam jika digunakan dengan cara yang tepat dan menarik. Kunci keberhasilan metode ceramah adalah kemampuan guru dalam menjelaskan materi dengan jelas, memberikan contoh yang relevan, dan membuat siswa terlibat dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa, terutama jika digunakan dalam kombinasi dengan metode lain seperti diskusi dan tanya jawab. Guru Pendidikan Agama Islam perlu mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Upaya, Metode Ceramah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1,Dr. Sayid Habiburrahman, S.Pd.I, M.Pd.I Pembimbing 2,Titin Yeni,S.Ag.,M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Upaya, Metode Ceramah |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam > Disipilin Sekolah Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:04 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:04 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31891 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |