DYA DHUWARAWATI, NIM. 502021172 (2025) AKIBAT HUKUM BAGI PELANGGAN YANG MELAKUKAN WANPRESTASI DALAM KONTRAK BERLANGGANAN WIFI INDIHOME. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
502021172_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (16MB) | Preview |
|
![]() |
Text
502021172_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
![]() |
Text
502021172_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
![]() |
Text
502021172_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
502021172_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
502021172_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
502021172_Cover_sampai_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (42MB) |
Abstract
Untuk memenuhi kebutuhan internet, banyak masyarakat yang melakukan penyedia layanan internet dengan melakukan pemasangan WiFi. IndiHome yang merupakan sebuah produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkomsel) yang menyediakan layanan WiFi. Pemasangan layanan internet antara penyedia layanan internet dan pelanggan tidak selalu berjalan mulus. Terdapat suatu yang memicu terjadinya wanprestasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah bentuk wanprestasi pelanggan dalam kontrak berlangganan WiFi IndiHome dan Bagaimanakah akibat hukum bagi pelanggan yang melakukan wanprestasi dalam kontrak berlangganan WiFi IndiHome? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk-bentuk wanprestasi yang sering terjadi yaitu, Pelanggan telat membayar atau bahkan tidak membayar tagihan bulanan, Pelanggan tidak memberitahu bahwa ingin berhenti berlangganan, melakukan penjualan kembali jaringan reselleing oleh pelanggan kepada pihak lain dan Adanya biaya kenaikan tagihan yang tidak sesuai dengan kesepakatan. Adapun akibat hukum wanprestasi dalam kontrak berlangganan WiFi antara pihak IndiHome dengan pelanggan akan dikenakan sanksi berupa Isolir Layanan IndiHome, Denda Keterlambatan, pemutusan/pencabutan Layanan IndiHome, dan blacklist dengan ketentuan Telkomsel. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan kepada IndiHome untuk lebih menyampaikan informasi secara jelas dan transparan kepada pelanggan agar kedua belah pihak terhindar dari suatu permasalahan. Selain itu, Disarankan pelanggan sebaiknya harus lebih berhati-hati dan teliti dalam membaca dan memahami isi kontrak berlangganan sebelum menandatanganinya dan memahami konsekuensi hukum yang timbul akibat wanprestasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1.Dr.Mulyadi Tanzili,S.H.,M.H 2.Dr.Abdul Latif Mahfuz,S.H.,M.Kn |
Uncontrolled Keywords: | Wanprestasi,Kontrak,WiFi,IndiHome,Pelanggan |
Subjects: | Ilmu Hukum > Hukum Perdata Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Hukum |
Date Deposited: | 27 May 2025 04:24 |
Last Modified: | 27 May 2025 04:24 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |