AHMAD NUR IBRAHIM, NIM 622021065, PERAN USTADZ DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DAARUL ABROOR JALUR 14 MUARA SUGIHAN BANYUASIN

Ahmad Nur Ibrahim, NIM 622021065 (2025) AHMAD NUR IBRAHIM, NIM 622021065, PERAN USTADZ DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DAARUL ABROOR JALUR 14 MUARA SUGIHAN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622021065_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622021065_BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
622021065_BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
622021065_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
622021065_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
622021065_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
622021065_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text
622021065_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Abstrak Ahmad Nur Ibrahim ( 622021065 ) Judul sekripsi Peran Ustad dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Daarul Abroor Jalur 14 Muara Sugihan Banyuasin Penddidkan pondok pesantren memiliki peranan penting dalam membentuk karakter santri dan disiplin santri namun fenomena yang terjadi di Pondok pesantren Daarul Abroor menujukan bahwa masih banyak santri yang kurang disiplin dan Karakter Santri di Pondok Daarul Abroor. Peneliti Menggunakan Metode Kualitatif untuk mengeksplorasi Peran Ustad dalam membentuk karakter santri dalam meningkatkan disiplin santri Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Observasi dan dokumentasi dengan pengasuhan santri di pondok Daarul Abroor data data yang di proleh di perkuat oleh para santri. Setelah itu data di kumpulkan peneliti melakukan analisis dengan Teknik redukasi data. Peyajian data dan menarik kesimpulan. Latar belakang peneliti ini berfokus pada pentingnya peran Ustad dan Ustazah dalam membentuk karakter mandiri santri di Pondok Pesantren Daarul Abroor. Hasil peneliti menujukan bahwa pondok pesantren mengintensifkan karakter disiplin mandiri santri melalui Pendidikan berbasis asrama dengan kurikulum terjadwalkan 24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa K.H. Edy Sunari memiliki peran sentral dalam membentuk sistem pendidikan yang modern di Daarul Abroor dengan menggabungkan kurikulum keislaman tradisional dan kurikulum pendidikan umum. Selain itu, pengelolaan manajemen pesantren yang profesional di bawah kepemimpinannya memungkinkan Daarul Abroor tumbuh secara signifikan dan menjadi contoh bagi pesantren lain di Indonesia. Kontribusi K.H Edy Sunari juga terlihat dalam penekanan pada pengembangan karakter santri, dengan menerapkan sistem pendidikan yang menekankan pada nilai-nilai moral, disiplin, dan kemandirian. Pengaruh dari pengembangan ini menjadikan Pondok Pesantren Daarul Abroor sebagai lembaga pendidikan Islam yang mampu menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas yang berperan dalam berbagai bidang di tingkat nasional maupun internasional.oleh fenomena yang terjadi di masyarakatyaitu (1)generasi muda yang memiliki karakter yang kurang baik dalam hal budi pekerti, (2)kurang optimalnya Lembaga Pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai, cita-citadan motivasi yang akan mendorong generasi muda memiliki kepribadian yang baik, (3)Kurangnya pengetahuan orang tua mengenai cara membentuk karakter anak agar memilikikepribadian yang baik dalam hal budi pekerti.Pondok Pesantren Daarul Abroor Jalur 14 Muara Sugihan Bnyuasin Sumatera Selatan memiliki kurikulum yang lebih mengutamakan pendidikan karakter dalam proses pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk lebih menggaliinti daripermasalahan penelitian dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara pada pengelola, pengajara dan santri sebagai objek pendidikan.Teori yang menjadi rujukan dalam penelitian ini diantaranya teori pendidikan karakter, Teori pengelolaan lembaga pendidikan pondok pesantren, dan konsep pendidikan luar sekolah. Hasil penelitian adalah (1)Dari 50 santri,51% santri memiliki kejujuran yang sangat baik, 52%memiliki tingkat kedisiplinan yang sangat tinggi, 48% santri yang memperhatikan kebersihan dengan sangat baik, 18%kepedulian santri, kemandirian 32% ,santri yang memiliki kemandirian dan kerja keras hanya38%,kesopanan 40% tanggung jawab 28%,dan kreativitas 62%.(2)Upaya pondok pesantren yaitu mengelola pembelajaran dengan materi karakter60% melalui pembiasaan aktivitas sehari-hari dan 40% penguasaan materi keagamaan dan umum. (3) Faktor penghambat dalam proses Pendidikan karakter diantaranya adalah pola asuh orang tua dirumah dan pola pendidikan di pondok pesantren masih belum sinkron sehingga perlu penyamaan persepsi antara orang tua dan pengajar di pondok pesantren. Kata Kunci: Peran Ustad, Dalam membetuk karakter santri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Jamaludin, M. Pd. I 2. Nur Azizah, S. Ag. M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Ustad, Dalam membetuk karakter santri
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Metode dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 26 May 2025 03:47
Last Modified: 26 May 2025 03:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31762

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.