KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MENURUT UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Nanjaruddin, 622022031P (2025) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MENURUT UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622022031P_ BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622022031P_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
622022031P_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
622022031P_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
622022031P_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text
622022031P _DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
622022031P_ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
622022031P_ Cover_ Sampai_ Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Taun 2005 Dalam Perspektif Islam.” ini ditulis oleh Nanjaruddin, Nim: 622022031P, sebagai Pembimbing I Dr. Rulitawati, S.Ag., M. Pd. I Pembimbing II Dr. Antoni,M.H.I. Tahun 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Apa zsaja zkompetensi zkepribadian zguru zyang zdi zatur zdalam zUndang-Undang zRepublik zIndonesia zNomor z14 zTahun z2005 zdan zbagaimana zrelevansinya zdalam zkonteks zPendidikan zsaat zini? 2. Bagaimana penerapan kompetensi kepribadian guru dapat mendukung nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran? 3. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan kompetensi kepribadian sesuai Undang-Undang dan ajaran Islam? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Pustaka yang menggunakan literatur-literatur ilmiah berupa buku, jurnal, maupun artikel sebagai sumber utama dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Studi ini menemukan bahwa penekanan undang-undang pada kepribadian guru yang stabil, dewasa, dan bijaksana sejalan dengan ajaran Islam tentang akhlak mulia, amanah, dan kasih sayang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat keselarasan antara kebijakan pendidikan dan nilai-nilai Islam dalam membentuk karakter guru yang baik. Guru yang memiliki kepribadian yang stabil dan bijaksana dapat menjadi contoh yang baik bagi siswa dan membantu mereka mengembangkan karakter yang positif. Namun, terdapat tantangan dalam pelaksanaan akibat pemahaman guru yang bervariasi, beban administratif, dan pengaruh sosial yang negatif. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru, integrasi nilai-nilai Islam, dan evaluasi reguler untuk meningkatkan kompetensi kepribadian guru dan mendorong perkembangan holistik siswa. Dengan demikian, guru dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas. Melalui upaya ini, diharapkan kualitas pendidikan dapat meningkat dan siswa dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini menekankan pentingnya meningkatkan kompetensi kepribadian guru sebagai prioritas utama dalam kebijakan pendidikan. Untuk mencapai hal ini, diperlukan implementasi yang didukung oleh regulasi yang kuat dan praktik-praktik keislaman yang relevan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rulitawati, S. Ag.,M. Pd.I Dr Antoni, M.H.I
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Kepribadian, Perspektif Islam, Hukum Indonesia, Pendidikan Karakter.
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 30 May 2025 04:00
Last Modified: 30 May 2025 04:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31752

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.