PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DRIVER TRANSPORTASI ONLINE AKIBAT PEMBATALAN PESANAN SEPIHAK OLEH KONSUMEN

Tri Wina Handani, NIM. 502021116 (2025) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DRIVER TRANSPORTASI ONLINE AKIBAT PEMBATALAN PESANAN SEPIHAK OLEH KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502021116_COVER_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text
502021116_BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] Text
502021116_BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
502021116_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
502021116_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
502021116_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
502021116_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah memunculkan berbagai inovasi dalam bidang transportasi, salah satunya adalah transportasi online. Meskipun membawa kemudahan bagi masyarakat, keberadaan transportasi online juga tidak lepas dari masalah hukum, salah satunya terkait pembatalan sepihak yang dilakukan oleh konsumen terhadap pesanan yang sudah diterima oleh driver. Pembatalan sepihak ini dapat menimbulkan kerugian bagi driver transportasi online yang telah melayani konsumen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan hukum yang dapat diberikan kepada driver transportasi online akibat pembatalan sepihak oleh konsumen. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perlindungan hukum bagi driver transportasi online akibat pembatalan pesanan sepihak oleh konsumen dan (2) Bagaimana akibat hukum dari pembatalan pesanan sepihak oleh konsumen terhadap driver transportasi online? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif, yang memfokuskan pada studi terhadap peraturan perundang-undangan, serta ketentuan hukum yang berlaku dalam hubungan antara driver dan konsumen. Pembatalan sepihak oleh konsumen jelas melakukan pelanggaran pada Pasal 6 Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Untuk itu pelaku usaha/driver transportasi wajib menukarkan hak-haknya untuk bisa mendapat ganti rugi sebagai wujud perlindungan hukum bagi driver transportasi online. Akibat dari pembatalan pesanan sepihak oleh konsumen memberikan dampak bagi driver sehingga berkurangnya rating driver dan kerugian biaya operasional. Driver transportasi online perlu diberikan pemahaman tentang hak dan kewajiban mereka, termasuk langkah-langkah yang diambil jika terjadi pelanggaran hak mereka. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Driver, Transportasi Online, Pembatalan Sepihak, Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Arief Wisnu Wardhana,S.H.,M.Hum Pembimbing 2 : Hendri S, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Driver, Transportasi Online, Pembatalan Sepihak, Konsumen
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Ilmu Hukum > Undang-undang Dasar
Ekonomi dan Bisnis > Bisnis
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 27 May 2025 05:04
Last Modified: 27 May 2025 05:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/31654

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.