OVI HELEN DARI, NIM. 352014008 (2019) MAKNA PERALATAN RITUAL NYERAM DI DESA MUARADUA KISAM KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN TAHUN 1980-2018. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
352014008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (850kB) | Preview |
|
Text
352014008_BAB II_sampai_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
Abstract
Kata Kunci: Makna, Peralatan, Ritual, Nyeram, Desa Muaradua Kisam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis mempelajari sejarah lokal mengenai makna simbol upacara Nyeram di Desa Muaradua Kisam. Rumusan Masalah (1) Apa yang melatar belakangi adanya ritual nyeram di Desa Muaradua Kisam Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 1980-2018? (2) Bagaimana prosesi ritual Nyeram di Desa Muaradua Kisam Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 1980-2018? (3) Makna Simbolis Apa yang terkandung dalam upacara Nyeram di Desa Muaradua Kisam Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun 1980-2018? (4) Bagaimana dampak dengan adanya tradisi ritual Nyeram di Desa Muaradua Kisam Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan? Penulis menggunakan Metode Historis dan Metode Survey, dan Pendekatan geografis, sosiologi, ekonomi, Antropologi budaya, agama, dan Historis. Dengan menggunakan Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Kesimpulan (1) munculnya ritual Nyeram karena karena kebiasaan suku kisam dahulu percaya kepada kekuatan gaib atau roh-roh halus. (2) Prosesi ritual Nyeram terdiri dari dua tahapan, persiapan ritual Nyeram membuat sesajen.dan menentukan waktu dan tempat serta prosesi penyelenggaraan ritual Nyeram. (3) Makna peralatan yang terdapat dalam ritual Nyeram diantaranya, bubuw manis dan bubuw blantan disimbolkan sebagai untuk menjamu para roh-roh halus, kopi melambangkan kerukunan dan persaudaraan, ayam hitam melambangkan memberikan perdamaian antara roh-roh halus dan manusia, Rokok kretek melambangkan makanan khusus untuk roh-roh halus laki-laki. sirih Makanan ini dilambangkan sebagai makanan khusus untuk roh-roh halus perempuan, Kemenyan untuk memanggil roh-roh halus. (4) Dampak bagi kehidupan sosial dapat menjalin tali silaturahmi antar masyarakat dan dalam bidang agama munculnya kekeliruan atau pemahaman menyebabkan masyarakat mempercayai tahayul. Dampak Dalam Kehidupan Sosial Budaya agar dapat diwariskan kepada keturunan atau penerus berikutnya supaya dijadikan asset budaya dari Desa Muaradua Kisam Saran (1) Bagi pembaca diharapkan lebih memahami mengenai tradisi ritual Nyeram (2) Bagi mahasiswa hendaknya terus menggali dan mempelajari peristiwa sejarah karena sangat bermanfaat terutama yang berkaitan dengan tradisi upacara Nyeram yang ada di Desa Muaradua Kisam. (3) Bagi masyarakat Desa Muaradua Kisam diharapkan untuk tetap menjaga dan melestarikan adat peninggalan para leluhur demi memperkaya budaya Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing (I) Heryati, S.Pd., M.Hum., Pembimbing (II) Yusinta Tia Rusdiana, S.Pd., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Makna, Peralatan, Ritual, Nyeram, Desa Muaradua Kisam |
Subjects: | Sejarah > Filsafat dan Teori Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Irwan syah |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 03:18 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 03:18 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/3106 |
Actions (login required)
View Item |