NURLAILA ATIKA, NIM.642021017 (2025) STRATEGI MARKETING MIX SYARIAH PADA USAHA SATE PAK TUO AJO WARDI DI KELURAHAN 3 ILIR KECAMATAN ILIR TIMUR II KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
642021017_COVER_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
642021017_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
|
![]() |
Text
642021017_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
|
![]() |
Text
642021017_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
|
![]() |
Text
642021017_BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
|
![]() |
Text
642021017_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
|
![]() |
Text
642021017_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
642021017_COVER_sampai_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pemasaran merupakan elemen penting dalam keberhasilan suatu bisnis, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan menengah (UMKM). Dalam konteks persaingan pasar yang semakin ketat, penerapan strategi pemasaran yang tepat dapat menjadi kunci untuk mempertahankan eksisrensi dan meningkatkan daya saing usaha. Bauran pemasaran syariah (Marketing Mix Syariah) hadir sebagai pendekatan yang tidak hanya beriorientasi pada keuntungan ekonomi tetapi juga mengedepankan nilai-nilai kejujuran, keadilan,dan keberkahan sesuai prinsip Islam. Pendekatan ini menjadi relevan khususnya bagi UMKM yang menjalankan bisnis sesuai dengan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing mix yang dijalankan oleh sate pak tuo Ajo Wardi apakah strategi marketing tersebut sudah sesuai dengan konsep marketing mix syariah. Serta utuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat selama menjalankan usaha. sate pak tuo Ajo Wardi yang berlokasi di Kelurahan 3 ilir Kecamatan ilir timur II Kota Palembang. Straegi marketing mix syariah ini mencakup empat elemen utama, yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (prommotion) yang dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam seperti kejujuran, keadilan, transparansi, serta menjauhi unsur penipuan dan riba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha sate pak tuo Ajo Wardi telah menerapkan konsep marketing mix syariah secara konsisten. Produk yang ditawarkan dijamin kehalalannya dan terjaga kualitasnya, harga ditentukan secara adil dan sesuai dengan manfaat produk, lokasi usaha strategis dan mudah diakses konsumen, serta promosi dilakukan melalui pendekatan personal dan testimoni pelanggan. Strategi ini mampu meningkatkan loyalitas pelanggan serta menciptakan usaha yang tidak hanya menguntungkan secara duniawi tetapi juga berkah secara Islami.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. M. Jauhari ,S.E.,M.SI 2. Rijalush Shalihin,S.E.I.M.H.I |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Marketing Mix syariah |
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Agama Islam |
Date Deposited: | 17 May 2025 06:30 |
Last Modified: | 17 May 2025 06:30 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |