RISKI HANIA, NIM 622021069, EKSISTENSI PONDOK PESANTREN DAARUL ABROOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA TIRTAHARJA MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN

RISKI HANIA, NIM 622021069 (2025) RISKI HANIA, NIM 622021069, EKSISTENSI PONDOK PESANTREN DAARUL ABROOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA TIRTAHARJA MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622021069_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622021069_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
622021069_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
622021069_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
622021069_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
622021069_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
622021069_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
622021069_Cover_Sampai_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Riski Hania (622021069), Judul Skripsi: Eksistensi Pondok Pesantren Daarul Abroor Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Di Desa Tirtaharja Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Dengan rumusan masalah, 1) Apa yang melatarbelakangi didirikan Pondok Pesantren Daarul Abroor dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. 2) Bagaimana Eksistensi Pondok Pesantren Daarul Abroor dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam. 3) Apa problematika yang dihadapi Pondok Pesantren Daarul Abroor dalam meningkatkan kualitas Pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif untuk menganalisis Eksistensi Pondok Pesantren Daarul Abroor dalam meningkatkan kualitas Pondok Pesantren Daarul Abroor dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi di Pondok Pesantren Daarul Abroor. Setelah data terkumpul peneliti melakukan analisis dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Latar belakang penelitian ini berfokus Eksistensi Pondok Pesantren Daarul Abroor dalam meningkatkan kualitas Pendidikan agama Islam. Pondok diharapkan untuk aktif dalam menyebarkan dan mempublikasikan kegiatan belajar agama Islam sebagai sarana pengembangan Islam, sehingga keberadannya dapat diketahui oleh masyarakat luas. Pondok pesantren Modern Daarul Abroor memiliki kurikulum Pendidikan yang tertekstur dan koprehensif yang mencakup ilmu agama islam, ilmu umum, dan Bahasa arab. menerapkan metode pembelajaraan modern. Pondok modern daarul abroor menerapkan metode pembelajaraan modern yang inovatif dan menarik. Pondok modern daarul abroor memiliki tenaga pendidik yang berkualitas dan berpengalaman dalam bidang ilmu agama islam. Pondok modern daarul abroor juga menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar, seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, Laboratorium Bahasa dan computer. Namun pada kenyataannya, masyarakat banyak yang belum menyadari akan keberadaan/eksistensi Pondok Modern Daarul Abroor yang didalamnya terdapat Pendidikan, baik dari di dalam kelas maupun diluar kelas. Pondok modern Daarul Abroor yang mendidik bukan hanya selama jam Pelajaran didalam kelas, melainkan pendidikan 24 jam yang meliputi pendidikan moral, kedisiplinan, kemandirian, keikhlasan, kesabaran dan lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, 1) Latarbelakang pendirian Pondok Pesantren Daarul Abroor dalam meningkatkan kualitas Pendidikan agama Islam yaitu karena keterpanggilan hati melihat kondisi daerah transmigrasi minimnya pemahaman Masyarakat di daerah ini tentang agama Islam. Dahulu hampir tidak ada pengetahuan tentang agama, sehingga masyarakat mengalami kesulitan dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Dengan harapan menjadi pusat dakwah dan Pendidikan Islam berkualitas, Dan untuk membimbing masyarakat menuju pemahaman agama yang lebih baik serta menerapkan kehidupan sehari-hari. 2) Eksistensi Pondok Pesantren Daarul Abroor dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam yaitu berkomitmen mencetak generasi yang tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga berakhlak baik dan siap menghadapi tantangan zaman. Dengan menyempurnakan kurikulum, meningkatkan kualitas tenaga pengajar, serta memperbaiki fasilitas, Pesantren ini terus berupaya memberikan Pendidikan yang relevan dan kebutuhan modern Meskipun lokasinya terpencil, eksistensinya tetap diakui dan diminati oleh masyarakat sekitar karena kualitas Pendidikan dan pembinaan santri yang unggul. 3) problematika yang Pondok Pesantren Daarul Abroor dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam adalah sebagai berikut: 1). Disiplin, (2) Keterbatasan Fasilitas. Disiplin mempunyai peran penting dalam karakter santri di Pondok Modern Daarul Abroor, menjadikan mereka lebih teratur, bertanggung jawab, dan beretika. Meskipun peraturan yang ketat dapat menjadi tantangan bagi sebagian santri, kedisiplinan tetap di junjung tinggi untuk mencetak generasi yang sukses. Selain itu, salah satu problematika yang di hadapi pesantren adalah keterbatasan fasilitas, terutama di daerah terpencil. Kurangnya ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dan alat bantu Pembelajaraan dapat menghambat evektivitas proses belajar mengajar. Kata Kunci: Eksistensi Pondok Pesantren, Kualitas PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Yuslaini, M.Pd 2. Dr. Yahya, S.Pd.I.,Lc., M.P.I
Uncontrolled Keywords: Eksistensi Pondok Pesantren, Kualitas PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 20 May 2025 01:39
Last Modified: 20 May 2025 01:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30898

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.