Anggun Sri Kholipah, NIM. 312021025 (2025) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL BILA ESOK IBU TIADA KARYA NUY NAGIGA DAN KONSTRIBUSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
312021025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (407kB) | Preview |
|
![]() |
Text
312021025_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
![]() |
Text
312021025_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
![]() |
Text
312021025_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
![]() |
Text
312021025_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
![]() |
Text
312021025_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
![]() |
Text
312021025_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
312021025_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
![]() |
Text
312021025_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kholipah, Anggun, Sri. 2025. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam novel Bila Esok Ibu Tiada Karya Nuy Nagiga dan Konstribusinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA., Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Surismiati M.Pd (II) Supriatini M.Pd. Kata Kunci:Nilai Pendidikan Islam, Novel Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam sebuah karya sastra, terutama novel. Novel sebagai bentuk sastra menawarkan berbagai nilai positif, salah satunya dapat ditemukan dalam novel Bila Esok Ibu Tiada karya Nuy Nagiga. Dengan demikian, fokus utama peneliti adalah untuk mendalami dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel tersebut serta Konstribusinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA. Selain itu, novel ini juga bisa digunakan sebagai alat untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang ada di dalam novel Bila Esok Ibu Tiada karya Nuy Nagiga. Metode yang diterapkan untuk menganalisis data menggunakan metode teologi dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari novel Bila Esok Ibu Tiada karya Nuy Nagiga. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui pembacaan dan pencatatan. Peneliti menganalisis data dengan cara membaca novel Si Anak Kuat secara keseluruhan untuk mendapatkan pemahaman dasar, melakukan pembacaan mendalam untuk memperoleh informasi tambahan, menyusun sinopsis berdasarkan hasil bacaan, dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam novel tersebut. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Bila Esok Ibu Tiada karya Nuy Nagiga meliputi: 1) Aqidah meliputi percaya akan takdir, rezeki, jodoh, 2) Akhlak meliputi berbakti kepada orang tua, menjaga perilaku, berserah diri, 3) Syariah meliputi baik budi, berhati-hati dalam bertindak dan tolong menolong. Konstribusi dari penelitian terhadap novel Si Anak Kuat ini dapat digunakan sebagai materi ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA, khususnya pada materi apresiasi buku fiksi dengan tujuan pembelajaran 11.5 yang berkaitan dengan analisis pesan dari buku fiksi yang dibaca, yang tentunya akan bermanfaat bagi para tenaga pendidik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. Surismiati, M.Pd. 2. Supriatini, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Islam, Novel |
Subjects: | Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 14 May 2025 06:24 |
Last Modified: | 14 May 2025 06:24 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/30771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |